MODUL AJAR IPAS
SMK Kelas X
1.
INFORMASI PERANGKAT
AJAR
Institusi :
SMK AL-KHOZINI
Tahun disusun :
2022
Jenjang sekolah :
SMK
Kelas :
X (sepuluh)
Aspek : CP.2.1A. Materi dan perubahanya
Alokasi waktu : 8
JP (8 X 45 menit) 2 X TM
2.
TUJUAN PEMBELAJARAN
a.
Fase CP : E
b.
CP
:
1.
Menjelaskan fenomena secara
2.
Mendesain dan mengevaluasi
penyelidikan
3.
Menerjemahkan data dan bukti-bukti
secara ilmiah
c. Tujuan Pembelajaran :
a.
Siswa dapat mendiskripsikan materi
dan perubahnya
b.
Siswa dapat mendiskripsikan sifat materi
dan perubahnya
c.
Siswa dapat mendiskripsikan
perubahan materi
d.
Siswa dapat zat-zat kimia dalam kehidupan
sehari-hari
e.
Siswa dapat mengamati materi di
sekitar
d. Kata kunci :
Materi di sekitar yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
e.
Pengetahuan dan/atau
keterampilan atau kompetensi apa yang perlu dimiliki siswa sebelum mempelajari
topik ini:
Siswa mengetahui tentang materi dan perubahaanya di sikitar kita dalam kehidupan sehari-hari
3.
PROFIL BELAJAR PANCASILA
a.
Beriman, Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak
Mulia
Siswa senantiasa ingat kepada Allah di setiap
kegiatan/tindakan dan menjaga akhlaknya agar senantiasa mulia
b.
Bergotong royong
Siswa dalam melaksanakan praktik
mengamati ciri-ciri umum mahluk hidup yang digunakan dalam kehidupan
sehari-hari bekerja dalam kelompok sehingga pekerjaan tersebut dilakukan secara
bergotong royong
c.
Kreatif
Siswa menuangkan ide atau gagasan ketika merencanakan
observasi ciri-ciri mahluk hidup
d.
Bernalar Kritis
Siswa melakukan langkah-langkah praktik secara benar dan mampu
melakukan tindakan yang tepat dan cepat apabila ada yang salah dalam proses
pelaksanaan praktik Guru memberikan bimbingan.
4.
SARANA PEMBELAJARAN
a. Komputer/laptop/HP, jaringan internet, data internet,
b. Alat Praktik :
Terlampir
c. Bahan Praktik : Terlampir
5. TARGET SISWA |
6. JUMLAH SISWA |
Semua siswa
dalam kelas, tanpa perbedaan kemampuan akademis dan tanpa perbedaan tipikal
siswa |
Sebanyak
…….siswa dalam satu kelas, terbagi
menjadi ……. kelompok |
7.
KETERSEDIAAN MATERI
a. Pengayaan untuk siswa berpencapaian tinggi: YA / TIDAK
b. Alternatif penjelasan, metode, atau aktivitas, untuk siswa
yang sulit memahami konsep: YA / TIDAK
8.
MODEL PEMBELAJARAN
PTM dengan model pembelajaran Diskusi,
Tanya Jawab dan Observasi
9.
MATERI AJAR ALAT DAN BAHAN
a.
Materi Ajar: terlampir
1)
Buku Kimia Dasar I
2)
Modul dalam web bloog
3)
Lembar
kerja yang sudah disiapkan
b.
Alat :
Alat yang harus dimiliki siswa personal adalah laptop/computer/HP untuk
pembelajaran daring serta koneksi internet dan data internet (pulsa). Alat
praktik bisa menggunakan alat di Lab jika PTM atau alat-alat rumah tangga yang
ada di rumah. Jenis barang yang diperlukan ada di dalam lampiran Lembar Kerja
Siswa
c.
Bahan
Praktik : Bahan-bahan praktik bisa dibeli di toko kimia jenis bahan yang
diperlukan ada dalam Lembar Kerja Siswa
Pertemuan Ke-1 PTM 4 X 45” = 180”
A. Pembukaan (Durasi 10 Menit)
1.
Menyapa dan
Mempersiapkan Peserta Didik
Ø Memberikan salam pembuka
kepada peserta didik
Ø Mengecek kehadiran peserta didik
Ø Mengecek kesiapan ruangan, kesiapan peserta didik untuk
belajar serta memastikan bahwa
peserta didik dan guru mematuhi protokol
kesehatan.
Ø Meminta salah satu
peserta didik memimpin doa.
2.
Apersepsi
Ø Meminta peserta didik meperhatikan lingkungan sekitar kelas
kemudian bertanya : Apakah lingkungan
kalian hanya terdiri dari materi atau bendan mati ?
Ø Mengarahkan peserta didik untuk memahami bahwa dilingkungan
sekitar tidak hanya terdapat mahluk hidup tetapi juga terdapat benda mati.
B. Kegiatan Pembelajaran
(Durasi 160 Menit)
Ø Peserta didik
membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5 orang.
variasi kelompok berdasarkan sarana yang dimiliki atau kemampuan
kognitif peserta didik
Ø Peserta didik
bersama guru menentukan matri dan perubahanya
Ø Peserta didik
secara berkelompok mengamati sifat dan perubahan materi
Ø Peserta didik
secara individu mencatat semua sifat dan perubahan materi yang ditemukan pada
saat melakukan observasi.
Ø Peserta didik
mengisi lembar kerja peserta didik (LKPD) yang telah disediakan (LKPD
terlampir).
C. Penutup (Durasi 10 Menit)
Berikut adalah kegiatan penutup
Ø Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
Ø Peserta didik menyampaikan salam penutup
Ø
Guru mengingatkan agar
peserta didik tetap mengikuti protokol kesehatan.
###########&&&&&&$$$$$$$$$$&&&&&&&##########
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIKK
Kelompok :.................. 1.................................. 2.................................... 3...................................... 4...................................... 5……………………………………….
(LKPD) A
Nama Sekolah :SMK-
ALKHOZINI
Mata Pelajaran :IPAS
Kelas / Semester :
X / GANJIL
Topik :
Materi dan perubahnya
Tahun Pelajaran :
2022-2023
Alokasi Waktu :
2 X 45 jam pelajaran
Capaian Pembelajaran : Zat dan Perubahannya |
FASE E Aspek
ini meliputi:
1. Jenis dan sifat zat yang dibedakan secara kimia dan fisika, ciri-ciri dari perubahan
zat secara fisika, kimia dan biologi, serta unsur senyawa campuran
Kaji literatur diskusikan dengan temanmu
1.
Konsep materi |
……….. |
2.
Sifat materi |
Jelaskan dan berikan contoh |
Kimia |
|
Biologi |
|
Fisika |
|
3.
Berubahan materi |
Jelaskan dan
berikan contoh |
Kimia |
|
Fisika |
|
4.
Sebutkan
nama perubahan pada sekema di atas
No |
Nama perubahan dan contohnya |
1 |
|
2 |
|
3 |
|
4 |
|
5 |
|
6 |
|
5.
Diskusikan
dengan temanmu sebutkan factor yang mempengaruhi perubahan materi …. Mengapa bisa terjadi
###########&&&&&&$$$$$$$$$$&&&&&&&##########