MODUL IPAS KELAS X SMK CP 10.1.A

 



MODUL AJAR IPAS

SMK Kelas X

 

1.        INFORMASI PERANGKAT AJAR

Institusi                  : SMK AL-KHOZINI            

Tahun disusun        : 2022

Jenjang sekolah      : SMK

Kelas                      : X (sepuluh)

Aspek                    : Makhluk hidup dan   lingkungannya

Alokasi waktu       : 8 JP (8 X 45 menit)  2 X TM

 

2.        TUJUAN PEMBELAJARAN                  

a.    Fase CP  : E

b.  CP            :

1. Makhluk hidup yang terdiri dari manusia, tumbuhan dan hewan yang saling bergantung kepada lingkungannya baik berupa tanah, air, ocial        

c.  Tujuan Pembelajaran  :

1. Mendiskripsikan ciri-ciri makhluk hidup secara mandiri dengan tepat

2. Menjelaskan klasifikasi makhluk hidup (kunci diterminasi ) secara mandiri dengan tepat

d. Kata kunci                 :

Ciri-ciri makhluk hidup

e. Pengetahuan dan/atau keterampilan atau kompetensi apa yang perlu dimiliki siswa sebelum mempelajari topik ini:

   Siswa mengetahui tentang ciri-ciri dan klasifikasi makhluk hidup

 

3.        PROFIL BELAJAR PANCASILA

a.         Beriman, Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia

Siswa senantiasa ingat kepada Allah di setiap kegiatan/tindakan dan menjaga akhlaknya agar senantiasa mulia

b.         Bergotong royong

Siswa dalam melaksanakan praktik mengamati ciri-ciri umum mahluk hidup yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari bekerja dalam kelompok sehingga pekerjaan tersebut dilakukan secara bergotong royong

c.         Kreatif

Siswa menuangkan ide atau gagasan ketika merencanakan observasi ciri-ciri mahluk hidup

d.         Bernalar Kritis

Siswa melakukan langkah-langkah praktik secara benar dan mampu melakukan tindakan yang tepat dan cepat apabila ada yang salah dalam proses pelaksanaan praktik Guru memberikan bimbingan.

 

4.        SARANA PEMBELAJARAN

a. Komputer/laptop/HP, jaringan internet, data internet,

b. Alat Praktik    : Terlampir

c.  Bahan Praktik : Terlampir

 

 

5.      TARGET SISWA

6.      JUMLAH SISWA

Semua siswa dalam kelas, tanpa perbedaan kemampuan akademis dan tanpa perbedaan tipikal siswa

Sebanyak …….siswa dalam satu kelas, terbagi menjadi ……. kelompok

 

 

7.    KETERSEDIAAN MATERI

a. Pengayaan untuk siswa berpencapaian tinggi: YA / TIDAK

b. Alternatif penjelasan, metode, atau aktivitas, untuk siswa yang sulit   memahami konsep: YA / TIDAK

       

8.    MODEL PEMBELAJARAN

PTM dengan model pembelajaran Diskusi, Tanya Jawab dan Observasi

9.    MATERI AJAR ALAT DAN BAHAN

a.         Materi Ajar: terlampir

Biologi x sma :………………………

 

10. Pertemuan Ke-1 PTM 4 X 45” = 180”

A.  Pembukaan (Durasi 10 Menit)

1.    Menyapa dan Mempersiapkan Peserta Didik

Ø Memberikan salam pembuka kepada peserta didik

Ø Mengecek kehadiran peserta didik

Ø Mengecek kesiapan ruangan, kesiapan peserta didik untuk belajar serta memastikan  bahwa peserta didik dan guru mematuhi protokol kesehatan.

Ø Meminta salah satu peserta didik memimpin doa.

2.    Apersepsi

Ø Meminta peserta didik meperhatikan lingkungan sekitar kelas kemudian bertanya : Apakah lingkungan  kalian hanya terdiri dari mahluk hidup saja?

Ø Mengarahkan peserta didik untuk memahami bahwa dilingkungan sekitar tidak hanya terdapat mahluk hidup tetapi juga terdapat benda mati.

 

B.  Kegiatan Pembelajaran  (Durasi 160 Menit)

Ø  Peserta didik membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5 orang.  (variasi  kelompok berdasarkan sarana yang dimiliki atau kemampuan kognitif peserta didik)

Ø  Peserta didik bersama guru menentukan ciri-ciri umum mahluk hidup yang akan diobservasi.

Ø  Peserta didik secara berkelompok mengamati ciri-ciri tumbuhan sekitarnya.

Ø  Peserta didik secara individu mencatat ciri mahluk hidup yang ditemukan pada saat melakukan observasi.

Ø  Peserta didik mengisi lembar kerja peserta didik (LKPD) yang telah disediakan (LKPD terlampir).

C.  Penutup (Durasi 10 Menit)

Ø Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari.

Ø Peserta didik menyampaikan salam penutup

Ø Guru mengingatkan agar peserta didik tetap mengikuti protokol kesehatan.

 

 

 

Pertemuan Ke-2 PTM 4 X 45” = 180”

A.      Pembukaan (Durasi 10 Menit)

1.    Menyapa dan Mempersiapkan Peserta Didik

Ø Memberikan salam pembuka kepada peserta didik

Ø Mengecek kehadiran peserta didik

Ø Mengecek kesiapan ruangan, kesiapan peserta didik untuk belajar serta memastikan  bahwa peserta didik dan guru mematuhi protokol kesehatan.

Ø Meminta salah satu peserta didik memimpin doa.

2.    Apersepsi

Ø Meminta peserta didik meperhatikan lingkungan sekitar kelas kemudian bertanya : Apakah lingkungan  kalian hanya terdiri dari mahluk hidup saja?

Berapa banya jumlah mahluk hidup sudahkan kamu kenal semua?

Ø Mengarahkan peserta didik untuk memahami dan menganal mahluk hidub di sekitar kita secara ilmiah.

 

B.       Kegiatan Pembelajaran  (Durasi 160 Menit)

Ø  Peserta didik membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5 orang.  (variasi  kelompok berdasarkan sarana yang dimiliki atau kemampuan kognitif peserta didik)

Ø  Peserta didik bersama guru menentukan ciri-ciri umum mahluk hidup yang akan diobservasi.

Ø  Peserta didik secara berkelompok mengamati dan mengenal tatanama mahluk hidup disekitar sekolah dan rummahnya (ppj).

Ø  Peserta didik secara individu mencatat ciri mahluk hidup yang ditemukan pada saat melakukan observasi.

Ø  Peserta didik mengisi lembar kerja peserta didik (LKPD) yang telah disediakan (LKPD terlampir).

Ø  Peserta didik mempresentasikan hasil pengamatan

C.      Penutup (Durasi 10 Menit)

Ø Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari.

Ø Peserta didik menyampaikan salam penutup

Ø Guru mengingatkan agar peserta didik tetap mengikuti protokol kesehatan.

 

11.    KRITERIA PENGUKURAN KETERCAPAIAN

a. Guru membuat kriteria berhasil/tidak dari instrument performance assessmen yang dibuat.

b. Guru membuat kriteria berhasil/tidaknya penilaian normatif dari hasil  laporan praktik siswa

12.    REFLEKSI GURU

Apakah dalam pemberian materi dengan metode yang telah dilakukan serta penjelasan teknis atau intruksi yang disampaikan untuk pembelajaran yang akan dilakukan dapat dipahami oleh peserta didik? 

v Bagian manakah pada rencana pembelajaran yang perlu diperbaiki?

v Bagaimana tanggapan peserta didik terhadap materi atau bahan ajar, pengelolaan kelas, latihan dan penilaian yang telah dilakukan dalam pembelajaran?

v Apakah dalam berjalannya proses pembelajaran sesuai dengan yang diharapkan?

v Apakah arahan dan penguatan materi yang telah dipelajari dapat dipahami oleh peserta didik?

 

13.    REFLEKSI SISWA

v Apakah kamu memahami instruksi yang dilakukan untuk pembelajaran?

v Apakah media pembelajaran, alat dan bahan mempermudah kamu dalam pembelajaran? 

v Materi apa yang kamu pelajari pada pembelajaran yang telah dilakukan?

v Apakah materi yang disampaikan, didiskusikan, dan dipresentasikan dalam pembelajaran dapat kamu pahami?

v Manfaat apa yang kamu peroleh dari materi pembelajaran?

v Sikap positif apa yang kamu peroleh selama mengikuti kegiatan pembelajaran?

v Kesulitan apa yang kamu alami dalam pembelajaran?

v Apa saja yang kamu lakukan untuk belajar yang lebih baik? 

 

Lampiran 

14.    ASESMEN DIAGNOSTIK NON KOGNITIF

Untuk mengetahui gaya belajar Peserta Didik.  Bentuk berupa angket melalui Google Form,

berikut adalah formatnya:

Tandailah kotak yang sesuai untuk setiap pertanyaan dan jumlahkan nilainya

1.    ( … ) Saya perlu satu ilustrasi dari apa yang diajarkan supaya bisa memahaminya.

2.    ( … ) Saya tertarik pada obyek yang mencolok, berwarna, dan yang  merangsang mata.

3.    ( … ) Saya lebih menyukai buku-buku yang menyertakan gambar atau ilustrasi.

4.    ( … ) Saya terkesan sedang “melamun”, saat membayangkan apa yang sedang saya dengar.

5.    ( … ) Saya mudah mengingat apabila saya bisa melihat orang yang sedang berbicara.

6.    ( … ) Apa yang harus saya ingat harus saya ucapkan dulu.

7.    (…) Saya harus membicarakan suatu masalah dengan suara keras untuk memecahkannya.

8.    ( … ) Saya akan mudah menghafal dengan mengucapkannya berkali-kali.

9.    ( … ) Saya mudah mengingat sesuatu apabila itu didendangkan.

10.     ( … ) Saya lebih suka mendengarkan rekamannya daripada duduk dan membaca bukunya.

11.    ( … ) Saya tidak bisa duduk diam berlama-lama.

12.    ( … ) Saya lebih mudah belajar apablla ada keterlibatan sejumlah anggota tubuh.

13.    ( … ) Saya hampir selalu melakukan gerakan tubuh.

14.    ( … ) Saya lebih suka membaca buku atau mendengarkan cerita-cerita action.

 

Bila lebih banyak memilih pernyataan :

Ø a. Nomor 1 s.d 5 : tipe Auditori

Ø b. Nomor 6 s.d 10 : tipe Visual

Ø c. Nomor 11 s.d 14: tipe Kinetik

 

 

 

 

 

 

 

Pembelajaran ke 1

Rubrik Penilaian kunci ditermiasi

No

Kriteria

Skor

1

Meletakkan

1

2

Meletakkan

1

3

Meletakkan

1

4

Meletakkan

1

 

Total

4

     Nilai : Jumlah Skor   x 100

                   4

            

Rubrik Penilaian kunci dikotomi

No

Kriteria

 

Skor

Bobot

1

Isi

1.      Menuliskan minimal dua alternatif ciri mahaluk hidup..

(Catatan : apabila peserta didik tidak memungkinkan menulis ciri mahluk hidup maka sesuikan kriteria penilaian)

2.    Ciri mahluk hidup secara khusus pada satu tanaman atau satu hewan benar

Semua kriteria terpenuhi

4

4

Satu kriteria terpenuhi

2

2

Tampilan

1.      Gambar jelas

 

2.      Gambar, tulisan serta tanda panah dapat dibaca/dilihat dengan jelas

3.      Keterangan yang berupa tulisan dijabarkan secara efektif dan efisien.

Semua kriteria terpenuhi

4

3

Tiga kriteria terpenuhi

3

Dua kriteria terpenuhi

2

Satu kriteria terpenuhi

1

3

Ketepatan waktu

 

Tepat waktu

4

2

Terlambat 1 hari

3

Terlambat 2 hari

2

Terlambat 3 hari

1

      Nilai Jaring-jaring/rantai makanan     : Jumlah Skor x Bobot      X 100

                                                                                    40                 

Tabel Perkembangan Peserta Didik

No.

Kriteria

Perkembangan

Sudah

Mulai

Belum

1

Mampu mengenali ciri mahluk hidup secara khusus

Semua kriteria terpenuhi

Hanya dua kriteria terpenuhi

Hanya satu kriteria terpenuhi

2

Mampu mempresentasikan, bertanya, memberikan sara dan pernyataan dengan baik

3

Mampu mendiskripsikan ciri-ciri satu tumbuhan atau satu hewan secara kusus

4

 

  

 

Pembelajaran ke 2

Rubrik Penilaian kunci ditermiasi

No

Kriteria

Skor

1

Meletakkan

1

2

Meletakkan

1

3

Meletakkan

1

4

Meletakkan

1

 

Total

4

     Nilai : Jumlah Skor   x 100

                   4

            

Rubrik Penilaian kunci dikotomi

No

Kriteria

 

Skor

Bobot

1

Isi

1.      Menuliskan minimal dua alternatif tata nama mahluk hidup berdasarkan ciri..

(Catatan : apabila peserta didik tidak memungkinkan menulis ciri mahluk hidup maka sesuikan kriteria penilaian)

2.      Tata nama  mahluk hidup secara khusus pada satu tanaman atau satu hewan benar

Semua kriteria terpenuhi

4

4

Satu kriteria terpenuhi

2

2

Tampilan

1.      Gambar skema jelas

2.      Tulisan serta tanda panah dapat dibaca/dilihat dengan jelas

3.      Keterangan yang berupa tulisan dijabarkan secara efektif dan efisien.

Semua kriteria terpenuhi

4

3

Tiga kriteria terpenuhi

3

Dua kriteria terpenuhi

2

Satu kriteria terpenuhi

1

3

Ketepatan waktu

 

Tepat waktu

4

2

Terlambat 1 hari

3

Terlambat 2 hari

2

Terlambat 3 hari

1

      Nilai Jaring-jaring/rantai makanan     : Jumlah Skor x Bobot      X 100

                                                                                    40                 

Rubrik Penilaian tatanama binomial

No

Kriteria

 

Skor

Bobot

1

Isi

1.        Menuliskan minimal dua alternatif tata nama binomial

(Catatan : apabila peserta didik tidak memungkinkan menulis ciri mahluk hidup maka sesuikan kriteria penilaian)

2.      Tata nama  mahluk hidup secara khusus pada satu tanaman atau satu hewan benar

Semua kriteria terpenuhi

4

4

Satu kriteria terpenuhi

2

2

Tampilan

1.      Skema jelas

2.      Tulisan nama latin dengan jelas

3.      Keterangan yang berupa tulisan dijabarkan secara efektif dan efisien.

Semua kriteria terpenuhi

4

3

Tiga kriteria terpenuhi

3

Dua kriteria terpenuhi

2

Satu kriteria terpenuhi

1

3

Ketepatan waktu

 

Tepat waktu

4

2

Terlambat 1 hari

3

Terlambat 2 hari

2

Terlambat 3 hari

1

      Nilai Jaring-jaring/rantai makanan     : Jumlah Skor x Bobot      X 100

                                                                                    40                 

Tabel Perkembangan Peserta Didik

No.

Kriteria

Perkembangan

Sudah

Mulai

Belum

1

Mampu mengenali ciri mahluk hidup secara khusus

Semua kriteria terpenuhi

Hanya dua kriteria terpenuhi

Hanya satu kriteria terpenuhi

2

Mampu mempresentasikan, bertanya, memberikan sara dan pernyataan dengan baik

3

Mampu mendiskripsikan ciri-ciri satu tumbuhan atau satu hewan secara kusus

4

 

  

PENILAIAN FORMATIF

TER LAMPIR

 

                                                                                                MALANG 8 JULI 2022

                                                                                                GURU IPA

 

                                                                                                FATHUL ULUM,SPd

 

0 $type={blogger}: