MODUL AJAR IPAS
SMK Kelas X
1.
INFORMASI PERANGKAT
AJAR
Institusi : SMK AL-KHOZINI
Tahun disusun : 2022
Jenjang sekolah : SMK
Kelas : X (sepuluh)
Aspek : Makhluk hidup dan lingkungannya
Alokasi waktu : 8 JP (8 X 45 menit) 2 X TM
2.
TUJUAN PEMBELAJARAN
a.
Fase CP : E
b. CP :
1.
Makhluk
hidup yang terdiri dari manusia, tumbuhan dan hewan yang saling bergantung kepada lingkungannya baik berupa tanah, air, ocial
c. Tujuan
Pembelajaran :
1. Mendiskripsikan ciri-ciri
makhluk hidup secara mandiri dengan tepat
2. Menjelaskan klasifikasi makhluk hidup
(kunci diterminasi ) secara mandiri dengan tepat
d. Kata kunci :
Ciri-ciri makhluk hidup
e. Pengetahuan dan/atau keterampilan atau
kompetensi apa yang perlu dimiliki siswa sebelum mempelajari topik ini:
Siswa mengetahui tentang ciri-ciri
dan klasifikasi
makhluk hidup
3.
PROFIL BELAJAR PANCASILA
a.
Beriman,
Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia
Siswa senantiasa ingat kepada Allah di setiap
kegiatan/tindakan dan menjaga akhlaknya agar senantiasa mulia
b.
Bergotong royong
Siswa dalam melaksanakan praktik mengamati
ciri-ciri umum mahluk hidup yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari bekerja
dalam kelompok sehingga pekerjaan tersebut dilakukan secara bergotong royong
c.
Kreatif
Siswa menuangkan ide atau gagasan ketika merencanakan observasi
ciri-ciri mahluk hidup
d.
Bernalar Kritis
Siswa melakukan langkah-langkah praktik secara
benar dan mampu melakukan tindakan yang tepat dan cepat apabila ada yang salah
dalam proses pelaksanaan praktik Guru memberikan bimbingan.
4.
SARANA PEMBELAJARAN
a. Komputer/laptop/HP, jaringan internet, data internet,
b. Alat Praktik :
Terlampir
c. Bahan Praktik : Terlampir
5.
TARGET SISWA |
6.
JUMLAH SISWA |
Semua siswa dalam kelas, tanpa perbedaan kemampuan akademis
dan tanpa perbedaan tipikal siswa |
Sebanyak
…….siswa dalam satu kelas, terbagi
menjadi …….
kelompok |
7. KETERSEDIAAN MATERI
a. Pengayaan untuk siswa berpencapaian tinggi: YA / TIDAK
b. Alternatif penjelasan, metode, atau aktivitas, untuk siswa
yang sulit memahami konsep: YA / TIDAK
8.
MODEL PEMBELAJARAN
PTM dengan model
pembelajaran Diskusi, Tanya Jawab dan Observasi
9.
MATERI AJAR ALAT DAN BAHAN
a.
Materi Ajar: terlampir
Biologi x sma :………………………
10.
Pertemuan Ke-1 PTM 4 X 45” = 180”
A. Pembukaan (Durasi 10 Menit)
1.
Menyapa
dan Mempersiapkan Peserta Didik
Ø Memberikan salam pembuka
kepada peserta didik
Ø Mengecek kehadiran peserta didik
Ø Mengecek kesiapan ruangan, kesiapan peserta didik untuk
belajar serta memastikan bahwa
peserta didik dan guru mematuhi protokol
kesehatan.
Ø Meminta salah satu
peserta didik memimpin doa.
2.
Apersepsi
Ø Meminta peserta didik meperhatikan lingkungan sekitar kelas
kemudian bertanya : Apakah lingkungan
kalian hanya terdiri dari mahluk hidup saja?
Ø Mengarahkan peserta didik untuk memahami bahwa dilingkungan
sekitar tidak hanya terdapat mahluk hidup tetapi juga terdapat benda mati.
B. Kegiatan Pembelajaran
(Durasi 160 Menit)
Ø
Peserta didik membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5
orang. (variasi kelompok berdasarkan sarana yang dimiliki
atau kemampuan kognitif peserta didik)
Ø
Peserta didik bersama guru menentukan ciri-ciri umum mahluk
hidup yang akan diobservasi.
Ø
Peserta didik secara berkelompok mengamati ciri-ciri tumbuhan
sekitarnya.
Ø
Peserta didik secara individu mencatat ciri mahluk hidup yang
ditemukan pada saat melakukan observasi.
Ø Peserta
didik mengisi lembar kerja peserta didik (LKPD) yang telah disediakan (LKPD
terlampir).
C. Penutup (Durasi 10 Menit)
Ø Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
Ø Peserta didik menyampaikan salam penutup
Ø Guru mengingatkan agar peserta didik tetap mengikuti protokol
kesehatan.
Pertemuan Ke-2 PTM
4 X 45” = 180”
A.
Pembukaan
(Durasi 10 Menit)
1.
Menyapa
dan Mempersiapkan Peserta Didik
Ø Memberikan salam pembuka
kepada peserta didik
Ø Mengecek kehadiran peserta didik
Ø Mengecek kesiapan ruangan, kesiapan peserta didik untuk
belajar serta memastikan bahwa
peserta didik dan guru mematuhi protokol
kesehatan.
Ø Meminta salah satu
peserta didik memimpin doa.
2.
Apersepsi
Ø Meminta peserta didik meperhatikan lingkungan sekitar kelas
kemudian bertanya : Apakah lingkungan
kalian hanya terdiri dari mahluk hidup saja?
Berapa banya jumlah mahluk hidup sudahkan kamu kenal semua?
Ø Mengarahkan peserta didik untuk memahami dan menganal mahluk
hidub di sekitar kita secara ilmiah.
B.
Kegiatan
Pembelajaran (Durasi 160 Menit)
Ø
Peserta didik membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5
orang. (variasi kelompok berdasarkan sarana yang dimiliki
atau kemampuan kognitif peserta didik)
Ø
Peserta didik bersama guru menentukan ciri-ciri umum mahluk
hidup yang akan diobservasi.
Ø
Peserta didik secara berkelompok mengamati dan mengenal
tatanama mahluk hidup disekitar sekolah dan rummahnya (ppj).
Ø
Peserta didik secara individu mencatat ciri mahluk hidup yang
ditemukan pada saat melakukan observasi.
Ø Peserta
didik mengisi lembar kerja peserta didik (LKPD) yang telah disediakan (LKPD
terlampir).
Ø Peserta
didik mempresentasikan hasil pengamatan
C.
Penutup (Durasi
10 Menit)
Ø Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
Ø Peserta didik menyampaikan salam penutup
Ø Guru mengingatkan agar peserta didik tetap mengikuti protokol
kesehatan.
11.
KRITERIA PENGUKURAN KETERCAPAIAN
a. Guru membuat kriteria berhasil/tidak dari instrument performance
assessmen yang dibuat.
b. Guru membuat kriteria berhasil/tidaknya penilaian normatif dari
hasil laporan praktik siswa
12.
REFLEKSI
GURU
Apakah dalam pemberian materi dengan metode yang
telah dilakukan serta penjelasan teknis atau intruksi yang disampaikan untuk
pembelajaran yang akan dilakukan dapat dipahami oleh peserta didik?
v Bagian manakah pada rencana pembelajaran yang perlu diperbaiki?
v Bagaimana tanggapan peserta didik terhadap materi atau bahan ajar,
pengelolaan kelas, latihan dan penilaian yang telah dilakukan dalam
pembelajaran?
v Apakah dalam berjalannya proses pembelajaran sesuai dengan yang
diharapkan?
v Apakah arahan dan penguatan materi yang telah dipelajari dapat
dipahami oleh peserta didik?
13.
REFLEKSI
SISWA
v Apakah kamu memahami instruksi yang dilakukan untuk pembelajaran?
v Apakah media pembelajaran, alat dan bahan mempermudah kamu dalam pembelajaran?
v Materi apa yang kamu pelajari pada pembelajaran yang telah dilakukan?
v Apakah materi yang disampaikan, didiskusikan, dan dipresentasikan
dalam pembelajaran dapat kamu pahami?
v Manfaat apa yang kamu peroleh dari materi pembelajaran?
v Sikap positif apa yang kamu peroleh selama mengikuti kegiatan
pembelajaran?
v Kesulitan apa yang kamu alami dalam pembelajaran?
v Apa saja yang kamu
lakukan untuk belajar yang lebih baik?
Lampiran
14.
ASESMEN
DIAGNOSTIK NON KOGNITIF
Untuk mengetahui
gaya belajar Peserta Didik. Bentuk
berupa angket melalui Google Form,
berikut adalah
formatnya:
Tandailah kotak
yang sesuai untuk setiap pertanyaan dan jumlahkan nilainya
1.
(
… ) Saya perlu satu ilustrasi dari apa yang diajarkan supaya bisa memahaminya.
2. ( … ) Saya tertarik pada obyek
yang mencolok, berwarna, dan yang merangsang
mata.
3.
(
… ) Saya lebih menyukai buku-buku yang menyertakan gambar atau ilustrasi.
4.
(
… ) Saya terkesan sedang “melamun”, saat membayangkan apa yang sedang saya
dengar.
5.
(
… ) Saya mudah mengingat apabila saya bisa melihat orang yang sedang berbicara.
6.
(
… ) Apa yang harus saya ingat harus saya ucapkan dulu.
7.
(…)
Saya harus membicarakan suatu masalah dengan suara keras untuk memecahkannya.
8.
(
… ) Saya akan mudah menghafal dengan mengucapkannya berkali-kali.
9.
(
… ) Saya mudah mengingat sesuatu apabila itu didendangkan.
10.
(
… ) Saya lebih suka mendengarkan rekamannya daripada duduk dan membaca bukunya.
11.
(
… ) Saya tidak bisa duduk diam berlama-lama.
12.
(
… ) Saya lebih mudah belajar apablla ada keterlibatan sejumlah anggota tubuh.
13.
(
… ) Saya hampir selalu melakukan gerakan tubuh.
14. ( … ) Saya lebih suka membaca
buku atau mendengarkan cerita-cerita action.
Bila lebih
banyak memilih pernyataan :
Ø a. Nomor 1 s.d 5 : tipe Auditori
Ø b. Nomor 6 s.d 10 : tipe Visual
Ø c. Nomor 11 s.d 14: tipe Kinetik
Pembelajaran ke 1
Rubrik Penilaian kunci ditermiasi
No |
Kriteria |
Skor |
1 |
Meletakkan
|
1 |
2 |
Meletakkan
|
1 |
3 |
Meletakkan |
1 |
4 |
Meletakkan |
1 |
|
Total |
4 |
Nilai : Jumlah Skor x 100
4
Rubrik Penilaian kunci dikotomi
No |
Kriteria |
|
Skor |
Bobot |
1 |
Isi 1. Menuliskan minimal dua alternatif ciri mahaluk hidup.. (Catatan : apabila peserta didik tidak memungkinkan menulis
ciri mahluk hidup maka sesuikan kriteria penilaian) 2. Ciri mahluk
hidup secara khusus pada satu tanaman atau satu hewan benar |
Semua kriteria terpenuhi |
4 |
4 |
Satu kriteria terpenuhi |
2 |
|||
2 |
Tampilan 1.
Gambar jelas 2.
Gambar,
tulisan serta tanda panah dapat dibaca/dilihat dengan jelas 3.
Keterangan
yang berupa tulisan dijabarkan secara efektif dan efisien. |
Semua kriteria terpenuhi |
4 |
3 |
Tiga kriteria terpenuhi |
3 |
|||
Dua kriteria terpenuhi |
2 |
|||
Satu kriteria terpenuhi |
1 |
|||
3 |
Ketepatan waktu |
Tepat waktu |
4 |
2 |
Terlambat 1 hari |
3 |
|||
Terlambat 2 hari |
2 |
|||
Terlambat 3 hari |
1 |
Nilai Jaring-jaring/rantai makanan : Jumlah Skor x Bobot X 100
40
Tabel Perkembangan Peserta Didik
No. |
Kriteria |
Perkembangan |
||
Sudah |
Mulai |
Belum |
||
1 |
Mampu mengenali ciri mahluk hidup secara khusus |
Semua kriteria terpenuhi |
Hanya dua kriteria
terpenuhi |
Hanya satu kriteria
terpenuhi |
2 |
Mampu mempresentasikan, bertanya, memberikan sara
dan pernyataan dengan baik |
|||
3 |
Mampu mendiskripsikan ciri-ciri satu tumbuhan atau satu hewan secara
kusus |
|||
4 |
|
Pembelajaran ke 2
Rubrik Penilaian kunci ditermiasi
No |
Kriteria |
Skor |
1 |
Meletakkan
|
1 |
2 |
Meletakkan
|
1 |
3 |
Meletakkan |
1 |
4 |
Meletakkan |
1 |
|
Total |
4 |
Nilai : Jumlah Skor x 100
4
Rubrik Penilaian kunci dikotomi
No |
Kriteria |
|
Skor |
Bobot |
1 |
Isi 1. Menuliskan minimal dua alternatif tata
nama mahluk hidup berdasarkan ciri.. (Catatan : apabila peserta didik tidak memungkinkan
menulis ciri mahluk hidup maka sesuikan kriteria penilaian) 2. Tata
nama mahluk hidup secara khusus pada
satu tanaman atau satu hewan benar |
Semua kriteria terpenuhi |
4 |
4 |
Satu kriteria terpenuhi |
2 |
|||
2 |
Tampilan 1.
Gambar skema
jelas 2.
Tulisan serta
tanda panah dapat dibaca/dilihat dengan jelas 3.
Keterangan
yang berupa tulisan dijabarkan secara efektif dan efisien. |
Semua kriteria terpenuhi |
4 |
3 |
Tiga kriteria terpenuhi |
3 |
|||
Dua kriteria terpenuhi |
2 |
|||
Satu kriteria terpenuhi |
1 |
|||
3 |
Ketepatan waktu |
Tepat waktu |
4 |
2 |
Terlambat 1 hari |
3 |
|||
Terlambat 2 hari |
2 |
|||
Terlambat 3 hari |
1 |
Nilai Jaring-jaring/rantai makanan : Jumlah Skor x Bobot X 100
40
Rubrik Penilaian tatanama binomial
No |
Kriteria |
|
Skor |
Bobot |
1 |
Isi 1.
Menuliskan minimal dua alternatif tata nama binomial (Catatan : apabila peserta didik tidak memungkinkan
menulis ciri mahluk hidup maka sesuikan kriteria penilaian) 2. Tata
nama mahluk hidup secara khusus pada
satu tanaman atau satu hewan benar |
Semua kriteria terpenuhi |
4 |
4 |
Satu kriteria terpenuhi |
2 |
|||
2 |
Tampilan 1. Skema
jelas 2.
Tulisan nama
latin dengan jelas 3.
Keterangan
yang berupa tulisan dijabarkan secara efektif dan efisien. |
Semua kriteria terpenuhi |
4 |
3 |
Tiga kriteria terpenuhi |
3 |
|||
Dua kriteria terpenuhi |
2 |
|||
Satu kriteria terpenuhi |
1 |
|||
3 |
Ketepatan waktu |
Tepat waktu |
4 |
2 |
Terlambat 1 hari |
3 |
|||
Terlambat 2 hari |
2 |
|||
Terlambat 3 hari |
1 |
Nilai Jaring-jaring/rantai makanan : Jumlah Skor x Bobot X 100
40
Tabel Perkembangan Peserta Didik
No. |
Kriteria |
Perkembangan |
||
Sudah |
Mulai |
Belum |
||
1 |
Mampu mengenali ciri mahluk hidup secara khusus |
Semua kriteria terpenuhi |
Hanya dua kriteria
terpenuhi |
Hanya satu kriteria
terpenuhi |
2 |
Mampu mempresentasikan, bertanya, memberikan sara
dan pernyataan dengan baik |
|||
3 |
Mampu mendiskripsikan ciri-ciri satu tumbuhan atau satu hewan secara
kusus |
|||
4 |
|
PENILAIAN
FORMATIF
TER
LAMPIR
MALANG
8 JULI 2022
GURU
IPA
FATHUL
ULUM,SPd
0 $type={blogger}:
Posting Komentar