MATERI AJAR IPAS X SMK CP 10.1AB
SMK KELAS X
1.
INFORMASI PERANGKAT
AJAR
Institusi : SMK AL-KHOZINI
Tahun disusun : 2022
Jenjang sekolah : SMK
Kelas : X (sepuluh)
Aspek : Makhluk hidup dan lingkungannya
Alokasi waktu : 8 JP (8 X 45 menit) 2 X TM
2.
TUJUAN PEMBELAJARAN
a.
Fase CP : E
b. CP : 2.
Hubungan makhluk hidup dan lingkungannya dapat digambarkan sebagai individu
-populasi – komunitas – ekosistem – biosfer
c. Tujuan
Pembelajaran :
1.
Mengidentifikasi komponen ekosistem dengan menyajikan laporan hasil pengamatan
ekosistem di lingkungan sekitarnya
2.
Mengidentifikasi
interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan dengan tepat
3.
Menyusun jaring-jaring makanan atau rantai makanan dari hasil pengamatan
ekosistem yang ada di lingkungan sekitar
4.
Menganalisis interaksi yang terjadi antar komponen ekosistem dengan
menyajikan data hasil pengamatan di lingkungan sekitar
Elemen Capaian Pembelajaran :
Pemahaman sains dan Keterampilan Sains
d. Kata kunci : Interaksi antara makhluk hidup dan
lingkungan
e. Pengetahuan dan/atau keterampilan atau kompetensi apa yang
perlu dimiliki siswa sebelum mempelajari topik ini: Mengidentifikasi interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan
3.
PROFIL BELAJAR PANCASILA
a.
Beriman,
Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia
Siswa senantiasa ingat kepada Allah di setiap
kegiatan/tindakan dan menjaga akhlaknya agar senantiasa mulia
b.
Bergotong royong
Siswa dalam melaksanakan praktik
mengamati ciri-ciri umum mahluk hidup yang digunakan dalam kehidupan
sehari-hari bekerja dalam kelompok sehingga pekerjaan tersebut dilakukan secara
bergotong royong
c.
Kreatif
Siswa menuangkan ide atau gagasan ketika merencanakan
observasi Interaksi antara makhluk hidup
dan lingkungan
d.
Bernalar Kritis
Siswa melakukan langkah-langkah praktik secara
benar dan mampu melakukan tindakan yang tepat dan cepat apabila ada yang salah
dalam proses pelaksanaan praktik Guru memberikan bimbingan.
MATERI AJAR I
A. Ciri-ciri makhluk hidup yang membedakannya dengan
benda tak hidup?
1. Bergerak, Semua makhluk hidup
dapat bergerak. Manusia dan hewan dapat bergerak bebas atau pindah tempat.
Untuk bergerak, manusia dan hewan memerlukan sarana bantu untuk bergerak yang
disebut alat gerak. Alat gerak dapat berupa kaki untuk berlari, sirip untuk
berenang, dan sayap untuk terbang
2. Makan, Makanan dan air merupakan kebutuhan bagi
semua makhluk hidup. Makanan berfungsi untuk menghasilkan energi, pertumbuhan,
dan mengganti sel tubuh yang rusak. Sedangkan, air berfungsi sebagai zat
pelarut di dalam tubuh
3. Peka terhadap Rangsangan, Semua
makhluk hidup dapat bereaksi terhadap perubahan yang terjadi di sekitarnya.
Reaksi ini timbul jika ada rangsangan dari lingkungan. Rangsangan dapat berupa
cahaya, panas, dingin, bau dari gas, sentuhan, gravitasi, rasa, dan lain-lain.
Manusia dan hewan menggunakan indra untuk mengenali adanya rangsangan.
Misalnya, mata peka terhadap rangsangan cahaya, telinga peka terhadap getaran
suara, hidung peka terhadap bau, kulit peka terhadap sentuhan atau tekanan, dan
lidah peka terhadap rasa zat.
4. Bernapas, Bernapas (respirasi)
merupakan proses mengambil oksigen dari lingkungan dan mengeluarkan gas karbon
dioksida dari tubuh. Oksigen digunakan untuk mengubah zat makanan menjadi
energi secara kimiawi. Energi yang dihasilkan digunakan untuk berbagai
aktivitas tubuh.
5. Tumbuh, Semua makhluk hidup mengalami pertumbuhan,
mulai dari kecil hingga menjadi besar. Bayi yang kecil waktu baru lahir, akan
tumbuh menjadi remaja, dan kemudian dewasa. Anak hewan yang semula kecil lambat
laun tumbuh menjadi besar seperti induknya. Biji yang ditanam akan tumbuh
menjadi kecambah dan kemudian menjadi tanaman yang lebih besar
6. Mengeluarkan Zat Sisa (Ekskresi), Setelah
berolahraga, tubuhmu berkeringat. Demikian pula saat udara terasa panas,
tubuhmu berkeringat. Sebaliknya, saat udara dingin, kamu lebih sering buang air
kecil mengeluarkan urine. Keringat yang mengandung garam mineral dan urine
merupakan contoh zat sisa yang dikeluarkan makhluk hidup. Ada pula karbon
dioksida dan uap air yang dikeluarkan sebagai zat sisa dari proses respirasi.
Pengeluaran zat sisa oleh
7. Berkembang biak (reproduksi) melangsungka jenis
keturunnanya
&&&&&&&&&&&&$$$$$$$$$$&&&&&&&&&&&&
Lembar
Kerja Peserta Didik (LKPD)
Pertemuan
Ke-1
1. Amati gambar di
atas
2. Amati tumbuhan
dikotill dan monokotil disekitar sekolahan kemudian diskusikan dengan
teman-temanmu
Sebutkan :
1. Ciri – ciri
masing-masing mahluk hidup secara umum
2. Perbedaan tumbuhan
dikotill dan monokotil disekitar sekolahan berdasarkan Ciri – cirinya dan
gambar di atas
3. Apa yang dibutuhkan
mahluk hidup tersebut dalam kehidupan sehari-harinya
Jawaban
1 |
|
2 |
|
Kegiatan
Mengamati ciri-ciri kehidupan
Lakukan
pengamatan tentang ciri-ciri kehidupan pada manusia, tumbuhan, dan hewan.
Susunlah dalam Ciri-ciri Kehidupan
Manusia |
Tumbuhan |
Hewan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Adakah persamaan ciri kehidupan pada manusia,
tumbuhan, dan hewan?
Bandingkan
dan Simpulkan
Bandingkan hasil pengamatanmu dan hasil
pengamatan temanmu. Catat persamaan dan perbedaannya. Jika hasil pengamatanmu dikomu-nikasikan
kepada orang lain, apakah orang tersebut memperoleh pema-haman yang sama?
Berdasarkan hasil perbandingan tersebut, hal penting apakah yang harus
dirumuskan bersama? Diskusikan dalam kelompokmu.
&&&&&&&&&&&&$$$$$$$$$$&&&&&&&&&&&&
MATERI AJAR 2
Klasifikasi mahluk hidup
B. Cara
Mengklasifikasikan Makhluk Hidup
Definisi
Klasifikasi makhluk
hidup merupakan pengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri tertentu
yang dimiliki. Taksonomi sendiri merupakan cabang dalam ilmu biologi yang
mempelajari tentang klasifikasi makhluk hidup.
Manusia, hewan,
dan tumbuhan merupakan kelompok makhluk hidup. Makhluk hidup dan benda tak
hidup atau benda mati dibedakan dengan adanya ciri-ciri kehidupan. Makhluk
hidup menunjukkan adanya ciri-ciri kehidupan antara lain bergerak, bernapas,
tumbuh dan berkembang, berkembang biak, memerlukan nutrisi, dan peka terhadap
rangsang. Benda mati tidak memiliki ciri-ciri tersebut.
Dasar Klasifikasi
Makhluk Hidup
1.
Organisme yang
memiliki persamaan ciri tertentu dimasukkan dalam 1 kelompok yang sama.
2.
Dari anggota kelompok
tersebut, dicari lagi persamaan maupun perbedaan untuk mengklasifikasikan
mereka lagi ke dalam kelompok yang lebih kecil.
3.
Organisme yang berada
dalam 1 kelompok memiliki hubungan kekerabatan yang dekat.
4.
Semakin banyak
persamaan ciri, semakin dekat kekerabatannya.
contoh: manusia memiliki hubungan kekerabatan lebih dekat dengan monyet
daripada ayam.
Manfaat Klasifikasi
Makhluk Hidup
1.
Menyederhanakan objek
studi biologi yang beraneka ragam sehingga lebih mudah untuk dipelajari.
2.
Dapat mengetahui
hubungan kekerabatan antara organisme satu dengan yang lainnya.
Ahli yang Melakukan
Klasifikasi
1. Aristoteles: Klasifikasi Animalia
2. Theophrastus: Klasifikasi Plantae
3. John Ray: Klasifikasi Plantae ke kelompok yang lebih kecil
4. Carcius Linnaeus: Pemberian nama ilmiah untuk setiap organisme
5. Georges Cuvier: Klasifikasi Animalia menjadi 4 cabang
6. Edward Chattan: Perbedaan Prokariota dan Eukariota
7. R. H. Whittaker: Klasifikasi 5 Kingdom
8. Cart Woese: Klasifikasi 6 Kingdom
Dasar-Dasar Klasifikasi
1.
Ciri-ciri fisik
2.
Morfologi
3.
Cara reproduksi
4.
Manfaat
5.
Ciri-ciri kromosom
6.
Kandungan zat kimiawi
Macam-Macam Sistem
Klasifikasi
1. Klasifikasi Sistem Alamiah
Klasifikasi untuk membentuk takson-takson yang bersifat alamiah (sesuai
kehendak alam). Dikemukakan oleh Aristoteles.
Organisme dikelompokkan menjadi 2 kingdom, Animalia (berdasarkan habitat dan
perilaku) dan Plantae (berdasarkan ukuran dan struktur)
2. Klasifikasi Sistem Artifisial
Bertujuan praktis, misalkan berdasarkan manfaatnya. Contoh: tanaman hias
(mawar, melati), tanaman obat (jahe, ginseng). Dikemukakan oleh Carolus Linnaeus.
3. Klasifikasi Sistem Filogenetik
Hubungan kekerabatan organisme ditentukan berdasarkan proses evolusinya.
Dikemukakan oleh Charles Darwin.
Contoh:
– Chordata: bertulang belakang
– Echinodermata: tidak bertulang belakang
– Arthopoda: kaki beruas, berbuku
– Annelida: cacing bersegmen
– Mollusca: tripoblastik stomata, invertebrata bertubuh lunak
– Nemathelminthes: cacing gilis, cacing pita
– Planthyhelminthes: cacing pipih, cacing hati
– Choirophyta: ganggang hijau
– Protozoa lain: rhizopoda, flagellata
– Metazoa: organisme bersel banyak
– Chiorophyta: alga hijau
4. Klasifikasi Sistem Modern
Berdasarkan hubungan kekerabatan organisme, ciri kromosom dan biokimia, serta
perbandingan struktur molekul.. Didasarkan pada sistem filogenetik.
– Tingkatan dalam Takson: tingkatan kelompok makhluk hidup dari tingkat
tertinggi ke tingkat terendah
Kingdom |
Filum/Divisi |
Kelas |
Ordo |
Famili |
Genus |
Spesies |
Varietas |
1. Kingdom: terbagi menjadi
animalia, plantae, fungi, protista, monera
2. Filum: takson hewan,
Divisi: takson tumbuhan.
3. Kelas: nama kelas tumbuhan menggunakan akhiran berbeda,
seperti ~obsida untuk lumut dan ~phyceae
untuk alga.
4. Ordo: nama ordo tumbuhan biasanya menggunakan akhiran ~ales, seperti solanales, rosales.
5. Familia: dikelompokkan berdasarkan persamaan ciri tertentu.
Contoh: pada hewan menggunakan akhiran
~idae seperti felidae untuk kucing, canidae untuk anjing.
6. Genus: dikelompokkan berdasarkan persamaan ciri tertentu
yang lebih khusus. Syarat penulisan nama genus yaitu huruf besar pada kata
pertama dan dicetak miring, contohnya tebu (Sccharum)
7. Spesies: memiliki paling banyak persamaan ciri. Terdiri dari
2 kata,
kata pertama menunjukkan genus,
kata kedua menunjukkan spesifikasinya. Contoh: Rosa alba.
8. Varietas: penulisan varietas pada tanaman diawali dengan
singkatan yang dicetak miring/digaris bawahi, contoh Oryza Sativa indica (padi).
Contoh Tingkatan Takson
pada Hewan
Takson |
Manusia |
Harimau |
Kucing |
Kingdom |
Animalia |
Animalia |
Animalia |
Filum |
Chordata |
Chordata |
Chordata |
Subfilum |
Vertebrata |
Vertebrata |
Vertebrata |
Kelas |
Mamalia |
Mamalia |
Mamalia |
Ordo |
Primata |
Carnivora |
Carnivora |
Familia |
Homonidae |
Felidae |
Felidae |
Genus |
Homo |
Panthera |
Felis |
Spesies |
Homo sapiens |
Panthera tigris |
Felis Catus |
Contoh Tingkatan Takson
pada Tumbuhan
Takson |
Jagung |
Tomat |
Mawar |
Kingdom |
Plantae |
Plantae |
Plantae |
Divisi |
Magnoliophyta |
Magnoliophyta |
Magnoliophyta |
Kelas |
Liliopsida |
Magnoliopsida |
Magnoliopsida |
Ordo |
Poales |
Solanales |
Rosales |
Famili |
Poaceae |
Solanaceae |
Rosaceae |
Genus |
Zea |
Solanum |
Rosa |
Spesies |
Zea mays |
Solanum lycopersicum |
Rosa multiflora |
Sistem Tata Nama
Ganda/Binominal Nomenklatur
*Syarat penulisan:
a. Menggunakan bahasa latin
b. Terdiri atas 2 kata: kata pertama nama genus, kata
kedua nama spesies.
c. Huruf pertama kata pertama ditulis kapital,
selanjutnya kecil.
d. Huruf genus dan nama spesies dicetak miring/digaris
bawahi secara terpisah.
e. nama/singkatan nama deskriptor ditulis di belakang
nama spesies menggunakan huruf tegak tanpa garis bawah, contoh Vicia faba L.
(buncis), L merupakan singkatan dari Linnae.
Sistem Klasifikasi
Makhluk Hidup
Ø Sistem 2 Kingdom (Aristoteles):
Plantae
dan Animalia
Ø Sistem 3 Kingdom (Ernest
Haeckel): Protista, Plantae, Animalia
Ø Sistem 4 Kingdom (Herbest
Copeland): Monera, Protista, Plantae, Animalia
Ø Sistem 5 Kingdom (R.
H. Whittaker): Monera, Protista, Fungi, Plantae, Animalia
Ø Sistem 6 Kingdom (Carl
Woese): Archaebacteria, Eubacteria, Protista, Fungi, Plantae, Animalia
Ø Sistem 8 Kingdom (Thomas
Cavalier Smith): Archaebacteria, Eubacteria, Archezoa,
Protozoa, Chromista, Fungi, Plantae, Animalia
Ø Sistem 3 Domain: domain adalah tingkatan taksonomi di
atas kingdom.
1.
Klasifikasi Dikotom dan Kunci
Determinasi
Pada awalnya dalam klasifikasi, makhluk
hidup dikelompokkan dalam kelompok-kelompok berdasarkan persamaan ciri yang
dimiliki. Kelom-pok-kelompok tersebut dapat didasarkan pada ukuran besar hingga
kecil dari segi jumlah anggo-ta kelompoknya. Namun, kelompok-kelompok tersebut
disusun berdasarkan persamaan dan perbedaan. Makin ke bawah persamaan yang
dimiliki anggotanya di dalam tingkatan klasifikasi tersebut makin banyak dan
memiliki perbedaan makin sedikit. Urutan kelompok ini disebut takson
Orang yang pertama melakukan
pengelompokan ini adalah Linnaeus
(1707-1778) berdasarkan kategori yang digunakan pada waktu itu. Perhatikan
Tabel di bawah ini
Tabel Urutan takson pada makhluk hidup
Bahasa Latin |
Bahasa Indonesia |
Bahasa Inggris |
Regnum |
Dunia |
Kingdom |
Divisio/Phyllum |
Divisi/Filum |
Division/Phyllum |
Classis |
Kelas |
Class |
Ordo |
Bangsa |
Order |
Familia |
Suku |
Family |
Genus |
Marga |
Genus |
Species |
Jenis |
Species |
Urutan tersebut
didasarkan atas persamaan ciri yang paling umum, kemudian makin ke bawah
persamaan ciri semakin khusus dan perbedaan ciri semakin sedikit.
a. Kriteria Klasifikasi Tumbuhan
Para ahli
melakukan pengklasifikasian tumbuhan dengan memerhatikan beberapa kriteria yang
menjadi penentu dan selalu diperhatikan. Berikut contohnya.
1) Organ perkembangbiakannya, apakah
dengan spora atau dengan bunga.
2) Habitusnya, apakah berupa pohon, perdu
atau semak.
3) Bentuk dan ukuran daun.
4) Cara berkembang biak, apakah dengan
seksual (generatif) atau aseksual (vegetatif).
b. Kriteria Klasifikasi Hewan
Sama halnya dengan pengklasifikasian
tumbuhan, dalam mengklasifikasikan hewan, para ahli juga mengklasifikasi dengan
melihat kriteria berikut ini.
1) Saluran pencernaan makanan. Hewan
tingkat rendah belum mempunyai saluran pencernaan makanan. Hewan tingkat tinggi
mempunyai lubang mulut, saluran pencernaan, dan anus.
2) Kerangka (skeleton), apakah kerangka di luar tubuh (eksoskeleton) atau di dalam tubuh (endoskeleton).
3) Anggota gerak, apakah berkaki dua,
empat, atau tidak berkaki.
c. Kunci Determinasi
Kunci determinasi
merupakan suatu kunci yang dipergunakan untuk menentukan filum atau divisi,
kelas, ordo, famili, genus, atau spesies. Dasar yang dipergunakan kunci
determinasi ini adalah identifikasi dari makhluk hidup dengan menggunakan kunci
dikotom.
Hal-hal yang
perlu diperhatikan dalam pembuatan kunci determinasi adalah seperti berikut.
1) Kunci harus dikotomi.
2) Kata pertama dalam tiap pernyataan
dalam 1 kuplet harus identik, contoh
•
tumbuhan
berumah satu …
•
tumbuhan
berumah dua …
3) Pilihan atau bagian dari kuplet harus
kontradiktif, sehingga satu bagian dapat diterima dan yang lain ditolak.
4) Hindari pemakaian kisaran yang tumpang
tindih atau hal-hal yang bersifat relatif dalam kuplet, contohnya panjang daun
4-8 cm, daun besar atau kecil.
5) Gunakan sifat-sifat yang bisa diamati.
6) Pernyataan dari dua kuplet yang
berurutan jangan dimulai dengan kata yang sama.
7) Setiap kuplet diberi nomor.
8) Buat kalimat pertanyaan yang pendek.
Bermain dengan Klasifikasi Dikotom
Pada kegiatan
kali ini, kamu
akan melakukan pengklasifikasian dikotom dengan simulasi dan menggunakan model
(kertas origami).
1.
Siapkan kertas origami 2 warna, masing-masing 2 helai.
2.
Guntinglah kertas origami tersebut menjadi bangun datar berbentuk segitiga dan
segiempat untuk kedua warna dengan masing-masing 2 ukuran besar dan kecil.
Gambar di atas ini
merupakan bagan
klasifikasi dikotom.
3. Kemudian, kelompokkan
menjadi dua
bagian. Kamu bebas dalam mengelompokkannya, boleh berdasarkan bentuk, warna, atau ukuran. Kelompokkan Berdasarkan persamaan dan perbed aan dengan melihat ciri bentuk yang mudah diamati.
4. Masukkan hasil kerjamu ke dalam lingkaran yang telah disediakan, jangan lupa tuliskan dasar pengelompokan pada garis yang telah disediakan.
Berdasarkan
kegiatan tersebut, kamu
dapat mengetahui bahwa para ahli dapat berbeda dalam mengklasifikasi makhluk hidup. Pengklasifikasian yang
dilakukan dibenarkan selama dasar dalam
mengklasifikasi jelas dan tepat. Setiap ahli mengklasifikasi berdasarkan persamaan-persamaan
yang mereka amati. Untuk
menambah pemahamanmu mengenai bagaimana cara mengelompokkan makhluk
hidup, lakukan kegiatan berikut.
Mengapa kita membutuhkan kunci determinasi?
Lakukan langkah-langkah berikut ini.
1.
Amatilah
tanaman yang terdapat di sekitar sekolah atau rumah kamu. Amati bagian daun,
batang, dan akar (bila memungkinkan). Gambar ini merupakan contoh beberapa
tanaman yang terdapat di sekitarmu.
2. Tentukan 5 jenis tumbuhan yang akan
kamu buat kunci dikotominya.
3. Lengkapilah diagram di bawah ini
dengan jenis tumbuh-tumbuhan tersebut.
4.
Diskusikan pertanyaan berikut ini.
a. Dari semua tumbuhan yang
diamati, adakah yang memiliki ciri-ciri yang sama? (Minimal 5 tumbuhan)
b. Tumbuhan apa saja yang
memiliki ciri-ciri yang sama? Jelaskan.
c. Ada berapa kelompok
tumbuhan yang kamu dapatkan? Jelaskan.
d. Tulislah kesimpulan dari
kegiatan ini pada buku tugasmu dan bandingkan dengan hasil kelompok teman yang
lain.
e. Apakah kamu mengalami kesulitan
dalam mengenali ciri-ciri jenis tumbuhan?
Ingatlah
Bentuk
diagram tersebut merupakan contoh kunci dikotom. Kunci dikotom berisi
keterangan yang disusun berpasangan dan menunjukkan ciri yang berlawanan.
Kunci
determinasi merupakan cara atau langkah untuk mengenali organisme dan Mengelompokkannya
pada takson makhluk hidup. Kunci determinasi
adalah uraian keterangan tentang ciri-ciri makhluk hidup yang disusun berurut mulai dari ciri umum
hingga ke ciri khusus untuk menemukan
suatu jenis makhluk hidup. Kunci determinasi yang paling sederhana ialah kunci dikotom. Kunci dikotom
berisi keterangan yang disusun
berpasangan dan menunjukkan ciri yang berlawanan.
Berikut adalah cara membuat kunci determinasi.
Data pada diagram kunci dikotom di atas, jika ditulis akan menjadi kunci determinasi sebagai berikut.
1.
a. Tumbuhan yang berspora
...........................................................................2a
b. Tumbuhan yang tidak
berspora ..................................................................3a
2.
a. Tumbuhan yang berbatang jelas
.......................................................... Suplir
b. Tumbuhan yang tidak
berbatang jelas ...................................................Lumut
3.
a. Berbiji tertutup ...............................................................................................4a
b. Berbiji terbuka
.......................................................................................
Belinjo
4.
a. Biji berkeping dua
.........................................................................................5a
b. Biji berkeping satu
...........................................................................................
Jagung
5.
a. Berbunga kupu-kupu
.............................................................................
Kedelai
b. Berbunga terompet
.............................................................................................Terung
Bagaimanana
cara membuat kunci determinasi?
Lakukan
langkah-langkah berikut ini.
1.
Bacalah dengan teliti kunci dikotom mulai dari awal pada kegiatan di atas.
2.
Cocokkan ciri-ciri tumbuhan yang kamu amati dengan ciri-ciri yang terdapat pada
kunci dikotom.
3.
Jika ciri-ciri yang terdapat pada kunci dikotom sudah sesuai dengan ciri-ciri
tumbuhan yang kamu amati, catatlah nomornya dan lanjutkan pembacaan kunci pada
nomor berikutnya yang ditunjukkan di akhir pernyataan.
4.
Buat daftar kunci determinasi berdasarkan kunci dikotom dan bandingkan dengan
kelompok yang lain.
5. Jika kamu mendapat kesulitan,
bertanyalah kepada gurumu.
Kegiatan Cara
mengelompokkan hewan
Amatilah
Gambar berikut ini.
Dari
hasil pengamatanmu, buatlah satu pertanyaan yang sesuai.
Apa yang perlu
disiapkan?
1.
Beberapa hewan, seperti belalang, capung, kupu-kupu, udang, semut, cacing,
lalat, kaki seribu, atau hewan-hewan yang mudah ditemukan di sekitarmu yang
tidak berbahaya.
2.
Pinset.
3.
Kaca pembesar.
4.
Nampan.
Lakukan
langkah-langkah berikut.
1.
Letakkan hewan yang akan diamati pada nampan. Gunakanlah pinset untuk memegang
hewan tersebut.
2.
Amatilah hewan tersebut dengan menggunakan kaca pembesar agar seluruh bagian
tubuh hewan mudah diamati.
3. Tulislah hasil pengamatanmu pada
tabel berikut.
NO |
NAMA HEWAN |
BAGIAN TUBUH |
SAYAP |
JUMLAH KAKI |
1 |
Capung |
Cepal, torak,
abdomen (3 bagian) |
1 pasanng |
3 pasang ( 6) |
2 |
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
4.
Bersama kelompokmu, tuliskan kesimpulan dari hasil pengamatanmu mengacu
pada pertanyaan dibawah ini.
a. Tuliskan ciri-ciri yang dimiliki
setiap hewan.
b. Hewan apa saja yang memiliki
ciri-ciri yang sama?
c. Kelompokkan hewan-hewan yang
memiliki ciri yang sama.
d. Kesimpulan apa yang kamu dapatkan
dari kegiatan ini?
5. Presentasikan hasil pengamatan
kelompokmu di depan kelas.
Ingatlah
Klasifikasi makhluk
hidup adalah suatu
cara mengelompokkan makhluk
hidup berdasarkan kesamaan ciri yang dimiliki.
Tujuan
mengklasifikasikan makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali,
membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup.
Tujuan khusus/lain
dari klasifikasi makhluk hidup
adalah seperti berikut.
1.
Mengelompokkan makhluk hidup
berdasarkan persamaan dan perbedaan
ciri-ciri yang dimiliki.
2.
Mendeskripsikan ciri-ciri suatu jenis makhluk hidup untuk membedakannya dengan
makhluk hidup dari jenis yang lain.
3.
Mengetahui hubungan kekerabatan antarmakhluk hidup.
4.
Memberi nama makhluk hidup yang belum diketahui namanya.
Berikut
ini adalah dasar-dasar klasifikasi makhluk hidup.
1.
Klasifikasi makhluk hidup berdasarkan persamaan dan perbedaan yang dimilikinya.
2.
Klasifikasi makhluk hidup berdasarkan ciri bentuk tubuh (morfologi) dan
alat dalam tubuh (anatomi).
3. Klasifikasi makhluk hidup
berdasarkan manfaat, ukuran, tempat hidup, dan cara hidupnya
#
Morfologi Tanaman
Klasifikasi
Tanaman
NO |
NAMA LATIN |
Klasifikasi padi |
|
1 |
Kingdom |
Plantae |
|
2 |
Divisi |
Spermatophyta |
|
3 |
Sub
division |
Angiospermae |
|
4 |
Kelas |
Monocotyledoneae, |
|
5 |
Ordo |
Poales, |
|
6 |
Famili |
Graminae |
|
8 |
Genus |
Oryza Linn |
|
9 |
spesies |
Oryza sativa L. |
|
10 |
|
|
|
11 |
|
|
|
12 |
|
|
Klasifikasi
Tanaman Jagung
NO |
NAMA LATIN |
Klasifikasi padi |
|
1 |
Kingdom |
Plantae |
|
2 |
Subkingdom |
Tracheobionta |
|
3 |
Super Divisi |
Spermathopyta |
|
4 |
Divisi |
Magnoliophyta |
|
5 |
Kelas |
Liliopsida |
|
6 |
Sub Kelas |
Commelinidae |
|
8 |
Ordo |
Poales |
|
9 |
Famili |
Poacae |
|
10 |
Spesies |
Zea Mays L |
|
11 |
|
|
|
12 |
|
|
Klasifikasi
Tanaman Tomat
Klasifikasi Tomat |
|
|
Kingdom |
Plantae |
|
Divisio |
Spermatophyta |
|
Subdivisio |
Angiospermae |
|
Kelas |
Dicotyledoneae |
|
Ordo |
Tubiflorae |
|
Family |
Solanaceae |
|
Genus |
Lycopersicum |
|
Spesies: |
Solanum lycopersicum L. |
|
|
|
Klasifikasi Terong |
|
|
Nama latin |
Solanun melongena L |
|
Kingdom |
Plantae |
|
Subkingdom |
Trachebionta |
|
Super divisi |
Spermatophyta |
|
Divisi |
Magnoliophyta |
|
Kelas |
Magnoliopsida |
|
Subkelas |
Asteridae |
|
Ordo |
Solanales |
|
Famili |
Solamaceae |
|
Genus |
Solanum |
|
spesies |
Solanum melongena L |
|
|
|
Klasifikasi tanaman
cabai :
Klasifikasi Cabe |
|
|
Kingdom |
Plantae (Tumbuhan) |
|
Sub Kingdom |
Tracheobionta
(Tumbuhan berpembuluh) |
|
Super Divisi |
Spermatophyta
(Menghasilkan biji) |
|
Divisi |
Magnoliophyta
(Tumbuhan berbunga) |
|
Kelas |
Magnoliopsida
(berkeping dua / dikotil) |
|
Sub Kelas |
Asteridae |
|
Ordo |
Solanales |
|
Famili |
Solanaceae (suku terung-terungan) |
|
Genus |
Capsicum |
|
Spesies |
Capsicum annum L. |
Klasifikasi Bawang |
|
|
|
|
|
Kingdom |
Plantae |
|
Divisi |
Spermatophyta |
|
Sub
division |
Angiospermae |
|
Kelas |
Monocotyledoneae, |
|
Ordo |
Liliales |
|
Famili |
Liliaceae |
|
Genus |
Allium |
|
spesies |
Allium
ascalonicum L |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Klasifikasi Kubis |
|
Kingdom |
Plantae |
|
Divisio |
Spermatophyta |
|
Subdivisio |
Angiospermae |
|
Kelas |
Dicotyledonae |
|
|
Ordo |
Papavorales |
Famili |
Cruciferae (Brassicaceae) |
|
Genus |
Brassica |
|
Spesies |
Brassica oleracea L. |
|
|
|
Klasifikasi
Tanaman Pisang
NO |
NAMA LATIN |
|
|
1 |
Kingdom |
Plantae (Tumbuhan) |
|
2 |
Divisi |
Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga) |
|
3 |
Kelas |
Liliopsida (berkeping satu / monokotil) |
|
4 |
Ordo |
Musales |
|
5 |
Famili |
Musaceae (suku pisang-pisangan) |
|
6 |
Genus |
Musa |
|
8 |
Spesies |
Musa paradisiaca |
|
9 |
|
|
|
10 |
|
|
|
11 |
|
|
|
12 |
|
|
NO |
NAMA |
|
|
1 |
Kingdom |
Plantae (Tumbuhan) |
|
2 |
Sub kingdom |
Tracheobionta |
|
3 |
Sub divisi |
Spermatophyta |
|
4 |
Divisi |
Magnoliophyta |
|
5 |
Kelas |
Liliopsida |
|
6 |
Sub kelas |
Arecidae |
|
8 |
Ordo |
Arecales |
|
9 |
Famili |
Arecaceae |
|
10 |
Genus |
Cocos |
|
11 |
Spesies |
Cocos Nucifera L. |
|
12 |
|
|
NO |
TINNGKAT |
NAMA LATIN |
|
1 |
Kingdom
: |
Plantae |
|
2 |
In Kingdom |
Streptophyta |
|
3 |
Sub
Kingdom : |
Viridiplantae |
|
4 |
Divisi
: |
Tracheophyta |
|
5 |
Super
Divisi : |
Embryophyta |
|
6 |
Sub
Divisi : |
Spermatophytina |
|
8 |
Ordo
: |
Arecales |
|
9 |
Kelas
: |
Magnoliopsida |
|
10 |
Genus
: |
Elaeis
Jacq |
|
11 |
Famili
: |
Arecaceae |
|
12 |
Spesies
: |
Elaeis guineensis Jacq |
|
|
|
KELAPA SAWIT |
|
NO |
TINNGKAT |
NAMA LATIN |
|
1 |
Kingdom |
: Plantae |
|
2 |
Sub kingdom |
: Viridiplantae |
|
3 |
Infra kingdom |
: Streptophyta |
|
4 |
Super divisi |
: Embryophyta |
|
5 |
Divisi |
: Tracheophyta |
|
6 |
Sub divisi |
: Spermatophytina |
|
8 |
Kelas |
: Magnoliopsida |
|
9 |
Super ordo |
: Rosanae |
|
10 |
Ordo |
: Myrtales |
|
11 |
Famili |
: Myrtaceae |
|
12 |
Genus |
: Syzygium p. Br. Ex gaertn. |
|
|
Spesies |
: Syzygium oleana |
|
|
|
PUCUK MERAH |
NO |
TINNGKAT |
NAMA LATIN |
|
1 |
Kingdom |
Plantae (Tumbuhan) |
|
2 |
Sub kingdom |
Tracheophyta |
|
3 |
Sub divisi |
Spermatophytina |
|
4 |
Divisi |
Angiosperma |
|
5 |
Kelas |
Mesangiosperma |
|
6 |
Sub kelas |
Eudicots |
|
8 |
Ordo |
Core eudicots |
|
9 |
Sub ordo |
Caryophyllales |
|
10 |
Famili |
Nyctaginaceae |
|
11 |
Genus |
Bougainvillea |
|
12 |
Spesies |
Bougainvillea |
|
|
|
|
NO |
TINNGKAT |
NAMA LATIN |
|
1 |
Kingdom |
Plantae |
|
2 |
Subkingdom |
Tracheobionta |
|
3 |
Super divisi |
Spermatophyta |
|
4 |
Divisi |
Magnoliophyta |
|
5 |
Kelas |
Magnoliopsida |
|
6 |
Sub kelas |
Dilleniidae |
|
8 |
Ordo |
Ebenales |
|
9 |
Famili |
Sapotaceae |
|
10 |
Genus |
Manilkara |
|
11 |
Spesies |
Manilkara
kauki |
|
12 |
|
|
NO |
TINNGKAT |
NAMA LATIN |
|
1 |
Kingdom |
Plantae (Tumbuhan) |
|
2 |
Sub kingdom |
|
|
3 |
Sub divisi |
|
|
4 |
Divisi |
|
|
5 |
Kelas |
|
|
6 |
Sub kelas |
|
|
8 |
Ordo |
|
|
9 |
Famili |
|
|
10 |
Genus |
|
|
11 |
Spesies |
|
|
12 |
|
|
&&&&&&&&&&&$$$$$$$$$$$$$&&&&&&&&&&&
Lembar
Kerja Peserta Didik (LKPD)
Pertemuan
Ke-2
|
|
|
|
Kegiatan Cara Mengelompokkan Tumbuh-tumbuhan
Mengapa kita
membutuhkan kunci determinasi?
Lakukan
langkah-langkah berikut ini.
1.
Amatilah tanaman yang
terdapat di sekitar sekolah atau rumah kamu. Amati bagian daun, batang, dan
akar (bila memungkinkan). Gambar diatas merupakan contoh beberapa tanaman yang
terdapat di sekitarmu.
2. Tentukan 5
jenis tumbuhan yang akan kamu buat kunci dikotominya.
3.
Lengkapilah diagram di bawah ini dengan jenis tumbuh-tumbuhan tersebut.
4. Diskusikan pertanyaan berikut ini.
a. Dari semua tumbuhan yang diamati, adakah yang memiliki
ciri-ciri yang sama? (Minimal 5 tumbuhan)
b. Tumbuhan apa saja yang memiliki ciri-ciri yang sama?
Jelaskan.
c. Ada berapa kelompok tumbuhan yang kamu dapatkan? Jelaskan.
d. Tulislah kesimpulan dari kegiatan ini pada buku tugasmu dan
bandingkan dengan hasil kelompok teman yang lain.
e. Apakah kamu mengalami kesulitan dalam mengenali ciri-ciri
jenis tumbuhan?
Kegiatan Cara
mengelompokkan hewan
Amatilah
Gambar berikut ini.
Dari hasil pengamatanmu,
buatlah satu pertanyaan yang sesuai.
Apa yang perlu
disiapkan?
1. Beberapa hewan, seperti belalang,
capung, kupu-kupu, udang, semut, cacing, lalat, kaki seribu, atau hewan-hewan
yang mudah ditemukan di sekitarmu yang tidak berbahaya.
2. Pinset.
3. Kaca
pembesar.
4. Nampan.
Lakukan
langkah-langkah berikut.
1.
Letakkan hewan yang akan diamati pada nampan. Gunakanlah pinset untuk memegang
hewan tersebut.
2.
Amatilah hewan tersebut dengan menggunakan kaca pembesar agar seluruh bagian
tubuh hewan mudah diamati.
3. Tulislah hasil pengamatanmu pada
tabel berikut.
NO |
NAMA HEWAN |
BAGIAN TUBUH |
SAYAP |
JUMLAH KAKI |
1 |
Capung |
Cepal, torak,
abdomen (3 bagian) |
1 pasanng |
3 pasang ( 6) |
2 |
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
4.
Bersama kelompokmu, tuliskan kesimpulan dari hasil pengamatanmu mengacu
pada pertanyaan dibawah ini.
a. Tuliskan ciri-ciri yang dimiliki
setiap hewan.
b. Hewan apa saja yang memiliki
ciri-ciri yang sama?
c. Kelompokkan hewan-hewan yang
memiliki ciri yang sama.
d. Kesimpulan apa yang kamu dapatkan
dari kegiatan ini?
5. Presentasikan hasil pengamatan
kelompokmu di depan kelas.
Ingatlah
Klasifikasi makhluk
hidup adalah suatu
cara mengelompokkan makhluk
hidup berdasarkan kesamaan ciri yang dimiliki.
Tujuan
mengklasifikasikan makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali,
membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup.
Tujuan khusus/lain
dari klasifikasi makhluk hidup
adalah seperti berikut.
1.
Mengelompokkan makhluk hidup
berdasarkan persamaan dan perbedaan
ciri-ciri yang dimiliki.
2.
Mendeskripsikan ciri-ciri suatu jenis makhluk hidup untuk membedakannya dengan
makhluk hidup dari jenis yang lain.
3.
Mengetahui hubungan kekerabatan antarmakhluk hidup.
4.
Memberi nama makhluk hidup yang belum diketahui namanya.
Berikut
ini adalah dasar-dasar klasifikasi makhluk hidup.
1.
Klasifikasi makhluk hidup berdasarkan persamaan dan perbedaan yang dimilikinya.
2.
Klasifikasi makhluk hidup berdasarkan ciri bentuk tubuh (morfologi) dan
alat dalam tubuh (anatomi).
3.
Klasifikasi makhluk hidup berdasarkan manfaat, ukuran, tempat hidup, dan cara hidupnya.
Seteleh selesai pengamatan dan
menegerjakan diatas buatlah Tabel Urutan takson pada makhluk hidup
Bahasa Latin |
Bahasa Indonesia |
Nama
hewa1 |
Nama
hewa2 |
Regnum |
Dunia |
|
|
Divisio/Phyllum |
Divisi/Filum |
|
|
Classis |
Kelas |
|
|
Ordo |
Bangsa |
|
|
Familia |
Suku |
|
|
Genus |
Marga |
|
|
Species |
Jenis |
|
|
|
|
kupu |
Udang
|
Bahasa Latin |
Bahasa Indonesia |
Nama
Tumbuhan1 |
Nama
Tumbuhan 2 |
Regnum |
Dunia |
|
|
Divisio/Phyllum |
Divisi/Filum |
|
|
Classis |
Kelas |
|
|
Ordo |
Bangsa |
|
|
Familia |
Suku |
|
|
Genus |
Marga |
|
|
Species |
Jenis |
|
|
|
|
|
|
Bahasa Latin |
Bahasa Indonesia |
Nama
Tumbuhan1 |
Nama
Tumbuhan 2 |
Regnum |
Dunia |
|
|
Divisio/Phyllum |
Divisi/Filum |
|
|
Classis |
Kelas |
|
|
Ordo |
Bangsa |
|
|
Familia |
Suku |
|
|
Genus |
Marga |
|
|
Species |
Jenis |
|
|
|
|
|
|
# Morfologi Tanaman Padi
Klasifikasi padi |
|
|
Nama latin |
Oryza
sativa L. |
|
Kingdom |
Plantae |
|
Divisi |
|
|
Sub
division |
|
|
Kelas |
|
|
Ordo |
|
|
Famili |
|
|
Genus |
|
|
spesies |
Oryza sativa L. |
Klasifikasi |
|
|
Nama latin |
Plantae |
|
Kingdom |
Tracheobionta |
|
Divisi |
Spermathopyta |
|
Sub
division |
|
|
Kelas |
|
|
Ordo |
|
|
Famili |
|
|
Genus |
Poacae |
|
spesies |
Zea Mays L |
Klasifikasi
Tanaman Tomat
Klasifikasi Tomat |
|
|
Kingdom |
Plantae |
|
Divisio |
|
|
Subdivisio |
|
|
Kelas |
|
|
Ordo |
|
|
Family |
|
|
Genus |
|
|
Spesies: |
Solanum lycopersicum L. |
|
|
|
Klasifikasi Terong |
|
|
Nama latin |
Solanun melongena L |
|
Kingdom |
Plantae |
|
Subkingdom |
|
|
Super divisi |
|
|
Divisi |
|
|
Kelas |
|
|
Subkelas |
|
|
Ordo |
|
|
Famili |
|
|
Genus |
|
|
spesies |
Solanum melongena L |
|
|
|
Klasifikasi Cabe |
|
|
Kingdom |
Plantae (Tumbuhan) |
|
Sub Kingdom |
Tracheobionta
(Tumbuhan berpembuluh) |
|
Super Divisi |
|
|
Divisi |
|
|
Kelas |
|
|
Sub Kelas |
|
|
Ordo |
|
|
Famili |
|
|
Genus |
|
|
Spesies |
Capsicum annum L. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kingdom |
Plantae (Tumbuhan) |
|
Sub Kingdom |
|
|
Super Divisi |
|
|
Divisi |
|
|
Kelas |
|
|
Sub Kelas |
|
|
Ordo |
|
|
Famili |
|
|
Genus |
|
|
Spesies |
Allium
ascalonicum L |
|
|
Allium
cepa var. |
|
|
|
|
|
|
Kingdom |
Plantae (Tumbuhan) |
|
Kingdom |
|
|
Divisi |
|
|
Kelas |
|
|
Ordo |
|
|
Famili |
|
|
Genus |
|
|
Spesies |
Musa paradisiaca |
|
|
|
|
|
|
&&&&&&&&&&&&&&&&&******************&&&&&&&&&&&&&&&
Lembar
Kerja Peserta Didik (LKPD)
Tugas proyek : klasifikasi tumbuhan
Tersetruktur
Nama lokal |
|
|
Kingdom |
Plantae (Tumbuhan) |
|
Kingdom |
|
|
Divisi |
|
|
Kelas |
|
|
Ordo |
|
|
Famili |
|
|
Genus |
|
|
Spesies |
|
|
|
|
Nama lokal |
|
|
Kingdom |
Plantae (Tumbuhan) |
|
Kingdom |
|
|
Divisi |
|
|
Kelas |
|
|
Ordo |
|
|
Famili |
|
|
Genus |
|
|
Spesies |
|
|
|
|
Nama lokal |
|
|
Kingdom |
Plantae (Tumbuhan) |
|
Kingdom |
|
|
Divisi |
|
|
Kelas |
|
|
Ordo |
|
|
Famili |
|
|
Genus |
|
|
Spesies |
|
|
|
|
0 $type={blogger}:
Posting Komentar