SOAL DAN PEMBAHASAN PTS IPA SMK SEMESTER GANJIL

 

SOAL PTS IPA KURIKULUM MERDEKA

 KELAS X SMK

 

I. PILIHLAH JAWABAN YANG PALING BENAR

 

Indikator: Menganalisis ciri-ciri mahluk hidup

1.    Ciri-ciri mahluk hidup antara lain : Tumbuh, makan, bergerak, bernafas, ekskresi, iritabilita dan bereproduksi . salah satu ciri Mahluk hidup bernafas untuk…

A.    Mengambil gas karbon dioksida dari lingkungan dan mengeluarkan oksigen dari tubuh. Oksigen digunakan untuk mengubah zat makanan menjadi energi secara kimiawi.

B.     Mengambil oksigen dari lingkungan dan mengeluarkan gas karbon dioksida dari tubuh. Oksigen digunakan untuk mengubah zat makanan menjadi energi secara kimiawi

C.     Mengambil nitrogen dari lingkungan dan mengeluarkan gas karbon dioksida dari tubuh. Nitrogen digunakan untuk mengubah zat makanan menjadi energi secara kimiawi

D.    Mengambil oksigen dari lingkungan dan mengeluarkan gas sulfur dioksida dari tubuh. Oksigen digunakan untuk mengubah zat makanan menjadi energi secara kimiawi

E.     Mengambil oksigen dari lingkungan dan mengeluarkan gas karbon dioksida dari tubuh. Oksigen digunakan untuk mengubah zat makanan menjadi energi mekanik

Jawab: B

Bernapas, Bernapas (respirasi) merupakan proses mengambil oksigen dari lingkungan dan mengeluarkan gas karbon dioksida dari tubuh. Oksigen digunakan untuk mengubah zat makanan menjadi energi secara kimiawi. Energi yang dihasilkan digunakan untuk berbagai aktivitas tubuh.

Indikator: Menyebutkan Urutan taksonomi (tatanama)

2.        Urutan taksonomi (tatanama) dari yang teringgi ke rendah

A.    Devisio - kelas - ordo - famili - genus - spesies.

B.     Sepesies genus - famili- ordo - kelas - Defisio

C.     Sepesies genus - famili- ordo - Defisio- kelas

D.    Sepesies genus- kelas - famili- ordo – Defisio

E.     Devisio - ordo -kelas -  famili - genus - spesies.

Jawab: A

Indikator : Menjelaskan tujuan Pengelompokan mahluk hidup

3.        Pengelompokan mahluk hidup di buat dengan tujuan

A.    Mengetahui nama setip mahluk hidup

B.     Menemukan perbedaan mahluk hidup

C.     Mengelompokan mahluk hidup yang bermanfaat

D.    Menyederhanakan obyek studi yang ber aneka ragam

E.     Mengelompokan mahluk hidup yang tidak bermanfaat

 

Jawaban : D

 

Indikator : Mendiskripsikan kunci dikotomis

4.        Para siswa mengelompokkan ikan mas, biawak,  ular kobra, dan buaya berdasarkan kesaman ciri yaitu :

A.     Tampat hidupnya  

B.     Cara bernafas                    

C.     Mempunyai sisik

D.    Mengandung lender

E.      Hewan buas

 

Jawaban : C

 

Indikator :Menyebutkan perbedaan Gemnospermae dan Angeospermae

5.        Pernyataan berikut yang membedakan Gemnospermae dan Angeospermae adalah

A.    Terjadi pembuahan tunggal pada       

B.     Batang berkambium   

C.     Gemnospermae berakar tungggang

D.    Gemnospermae tidak memiliki buah

E.     Angeospermae berakar serabut

 

Jawaban : A

 

Indikator : Menyebutkan nama takson

6.        Setiap mahluk hidup memiliki nama ilmiah Yang tersusun dari dua kata,  kata pertama adalah nama takson

A. Famili 

B. Ordo               

C. Genus 

D. Spesies

E. Kelas

Jawab  : C

 

7.        Indikator: Menyebutkan tingkatan nama takson

Peterydophyta adalah nama takson pada tingkat

A. Divisio            

B. Genus 

C. Famili 

D. Ordo

E: Kelas

 

Jawaban. A

 

 

8.        Indikator:Mendiskripsikan penulisan nama species

Cara penulisan nama tumbuhan yang benar pada tingka spesies dibawah ini

A.    Alium Sativum                       

B.     Alium sativum            

C.     alium Satuvum

D.    alium  sativum

E.     Alium sativuM

 

Jawaban. B

 

           

9.        Indikator: Menyebutkan nama genus

Padi memiliki nama ilmiah Oryza sativa.  Kata Oryza  merupakan petunjuk nama

A.    Spesies 

B.     Kelas         

C.     Familia 

D.    Genus

E.     Ordu

Jawaban.: D

 

 

10.    Indikator: Menyebutkan nama spesies tanaman di lingkungan sekolah

Di depan kelas kalian ada tanaman mangga, nama sepesiesnya adalah

A.    Sizigium oleana

B.     Coccus nusivera

C.     Mngivera indica

D.    Hevea brasiliensis

E.     Ampelas rotundus

Jawaban.: C

 

11.    Indikator: mendiskripsikan intrasin biotik dengan abiotic

Di depan kelas x smk terdapat tanaman pucuk merah (Sizigium oleana) setiap hari berintraksi dengan cahaya … intraksi tersebut berfungsi untuk…

A.    Foto terapi

B.     Fotosintesis

C.     Fotoelektron

D.    Fotografer

E.     Fototropi

Jawaban : B

 

12.    Indikator: mendiskripsikan intraksi biotik dengan biotic

Dihutan savana terdapat harimau , kijang, monyet dan rusa. Disuatu hari harimau lapar memakan rusa, intraksi harimau dengan rusa tersebut adalah…

A.    Kompetisi

B.     Parasit

C.     Mutualisme

D.    Netral

E.     Predasi

Jawaban : E

 

13.    Indikator: mendiskripsikan intraksi biotik dengan biotic

Dihutan padang rumput  terdapat harimau , kijang, monyet, banteng  dan rusa. Disuatu hari kijang  bertarung dengan rusa berubut rumput (mkanan), intrkasi kijang  dengan rusa tersebut adalah…

A.    Kompetisi

B.     Parasit

C.     Mutualisme

D.    Netral

E.     Predasi

Jawaban : A

 

14.    Indikator: mendiskripsikan intraksi abiotik dengan abiotic

Seorang petani tambak garam di Madura tiap pagi mengalirkan air laut ke tambak untuk di jemur setelah sore hari, air laut pada tambak menguap berubah menjadi endapan garam …intraksi tersebut adalah

A.    Kompopen Biotik dengan Biotik

B.     Kompopen Biotik dengan Aiotik

C.     Kompopen Abiotik dengan Abiotik

D.    Kompopen Biotik dengan Predator

E.     Kompopen ABiotik dengan Predasi

Jawaban : C

 

 

15.    Indikator: Menganalisis jarring makanan


Perhatikan jarring makana di bawah ini

Jika petani membasmi belalang dan tikus apa yang terjadi

A.    Belalang habis Ular bertambah banyak

B.     Padi bertambah katak dan ular berkurang

C.     Padi bertambah katak bertambah dan ulat berkurang

D.    Padi bertambah katak bertambah dan ular berkurang

E.     Padi berkurang katak betambah dan ulat berkurang

Jawaban : B

 

Subtopik: Komponen Ekosistem

16.    Laut dalam merupakan tempat yang gelap sehingga tidak memungkinkan terjadi fotosintesis. Organisme yang hidup di daerah tersebut memperoleh energi dari....

A.    Endapan bahan organik di permukaan

B.     Energi panas bumi

C.     Energi dari air

D.    Tidak ada kehidupan di sana

E.     Tubuhnya sendiri

Jawaban: A

Pembahasan: Laut dalam (zona afotik) merupakan semua zona yang terletak di bawah zona fotik. Zona afotik merupakan lapisan terbawah dari lautan, berada di bawah lapisan thermocline pada kedalaman lebih dari 1828 m. Pada zona ini sangat sedikit atau bahkan tidak ada cahaya matahari sama sekali sehingga produsen tidak mampu menghasilkan energi utama pada rantai makanan. Oleh karena itu, organisme yang hidup pada zona ini hidup dari sisa-sisa bahan organik yang yang jatuh ke area laut dalam dan mengendap di permukaan dasar laut.

 

 

17.    Sisa energi yang disimpan oleh tanaman setelah digunakan untuk berbagai kegiatan disebut ….

A.     Hanya energy

B.     Produktivitas primer bruto

C.     Produktivitas primer bersih

D.    Produktivitas primer

E.      Produktivitas ekosistem
Jawab: C

 

18.    Indikator: Menyebutkan factor perubahan alam

Perubahan atau rusaknya alam yang disebabka suatu kegiatan manusia seperti yang disebuhkan dalam Al-quran berbunyi:

Dibawah ini penyebab kerukan alam oleh manusia kecuali

A.    Penebangan hutan liar

B.     Pertambangan

C.     Pembangunan

D.    Pengunaan pestisida

E.     Gunung meletus

Jawaban : E

 

19.    Penerapan sistem 3R , Mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat.disebut

A.       Reuse .

B.       Recycle

C.       Reduce 

D.        Rocycleng

E.        Reusosing.

 

Jawaban : B

 

20.    Proses pembersihan pencemaran tanah dengan menggunakan mikroorganisme (jamur, bakteri). Disebut:

A.    Bioremidiasi

B.     Biososialisasi

C.     Biogas

D.    Rocycleng

E.     Reusosing.

Jawaban  : A

 

 

Subtopik: Jenis-jenis limbah

21.    Jenis limbah yang dapat menyebabkan kebakaran karena menerima atau melepaskan oksigen disebut...

A.    Limbah reaktif

B.     Limbah korosif

C.     Limbah beracun

D.    Limbah infeksi

E.     Limbah eksplosif

Jawaban: A

Pembahasan: Limbah reaktif yaitu limbah yang mempunyai salah satu sifat berikut:

  • Limbah yang pada keadaan normal tidak stabil dan dapat menyebabkan perubahan tanpa peledakan.
  • Limbah yang dapat bereaksi hebat dengan air.
  • Limbah yang apabila bercampur dengan air berpotensi menimbulkan ledakan, menghasilkan gas, uap, atau asap beracun dalam jumlah yang membahayakan bagi kesehatan manusia dan lingkungan.
  • Merupakan limbah sianida, sulfida, atau amonia yang pada kondisi pH antara 2 dan 12,5 dapat menghasilkan gas, uap atau asap beracun dalam jumlah yang membahayakan bagi kesehatan manusia dan lingkungan.
  • Limbah yang mudah meledak atau bereaksi pada suhu dan tekanan standar (250C, 760mmHg).
  • Limbah yang menyebabkan kebakaran karena melepas atau menerima oksigen.

 

Subtopik: Kerusakan lingkungan/pencemaran lingkungan

22.    Suatu jenis polutan udara yang dapat berikatan dengan hemoglobin dalam darah sehingga mengurangi kemampuan darah mengikat oksigen adalah....

A.    karbon dioksida

B.     sulfur oksida

C.     nitrogen dioksida

D.    klorofluorokarbon

E.     karbon monoksida

Jawaban: E

Pembahasan: Karbon monoksida berasal dari pembakaran yang tidak sempurna. Jika terhirup oleh manusia maka karbon monooksida akan masuk ke dalam darah. Hemoglobin mempunyai afinitas lebih tinggi untuk berikatan dengan karbon monoksida dari pada oksigen. Sehingga apabila terdapat karbon monoksida di dalam darah, maka hemoglobin otomatis akan berikatan dengan karbon monoksida dari pada oksigen. Selanjutnya hemoglobin dan karbon monoksida akan membentuk senyawa yang stabil yaitu karboksihemoglobin (HbCO). Adanya senyawa karboksihemoglobin akan berdampak pada menurunnya kemampuan darah untuk mengikat oksigen.

 

23.    Indikator: Menganalisis indicator pencemar air

Terjadinya Bloming alaga disungan yang alirannya tenang menunjukan air tersebut

A.    Bersih

B.     Tercemar logam berat

C.     Seteril dari logam

D.    Seteril dan heginis

E.     Steril dari sabun

Jawaban  B

 

24.    Indikator: Menganalisis indicator pencemar air

Limbah dari pabrik harus dikelolah lebih dahulu supaya tidak mencemari lingkungan atau sungai, dengan 3 teknik yaitu: fisika, kimia , biologi,

penyaringan dengan teknik fisika berfungsi……..

A.    Memecah molekul

B.     Menyerab logam berat

C.     Mengendapkan lumpur

D.    Menyerap lumput

E.     Membunuh mikroba

Jawaban : A

 

 

25.    Topik : Pertumbuhan dan Perkembangan

Dua kecambah kacang hijau diletakkan di suatu tempat. Kecambah ke-1 diletakkan di tempat yang terkena cahaya, sedangkan kecambah ke-2 diletakkan di tempat yang tidak terkena cahaya. Berikut data hasil pengamatan kecambah selama 7 hari:

 

Hari

Kecambah ke - 1

Kecambah ke - 2

1

0,25 Cm

0,5 Cm

2

0,5 Cm

0,9 Cm

3

0,8 Cm

1,3 Cm

4

1,4 Cm

2,7 Cm

5

2,2 Cm

3,8 Cm

6

2,8 Cm

4,9 Cm

7

4 Cm

6, Cm

 

Berdasarkan data di atas, kesimpulan yang dapat diambil yaitu....

  1. cahaya merupakan faktor yang tidak dibutuhkan dalam pertumbuhan.
  2. pertumbuhan kecambah tidak memerlukan cahaya.
  3. cahaya sangat mempengaruhi pertumbuhan kecambah.
  4. cahaya dapat menghambat pertumbuhan kecambah.
  5. cahaya diperlukan dalam jumlah sedikit untuk pertumbuhan kecambah.

Jawaban : D

Pembahasan : Cahaya merupakan salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Cahaya berhubungan dengan kerja hormon auksin. Aktivitas hormon auksin dihambat oleh cahaya. Pada kondisi tidak ada cahaya, kerja auksin menjadi sangat optimal sehingga memacu pembelahan dan pemanjangan sel. Akibatnya, tumbuhan tumbuh sangat cepat, tetapi berdaun pucat karena tidak dapat membentuk klorofil.

 

26.     Biji kacang hijau direndam dalam air selam 2 jam, lalu dipindahkan dalam wadah tertutup. Beberapa hari kemudian biji mengalami perkecambahan. Air pada perkecambahan tersebut berfungsi untuk …
A. merangsang kerja auksin
B. mengaktifkan hormon sitokinin
C. menguraikan amilum dalam biji
D. menyerap zat makanan dalam biji
E. merangsang metabolisme embrio dalam biji untuk tumbuh
     Jawaban : E

 

27.   Dani menanam biji kacang pot A kemudian dilatakan di tempat banyak cahaya , dan satunyan di pot B diletakkan di tempat yang tidak mendapat cahaya , setela 1 minggu di amati ternyata di pot B pertumbuhannya lebi cepat dari pada di pot A yang kena sinar. Karena

A.       Auksin yang terdapat pada ujung tanaman  terkena sinar matahari akan berubah menjadi senyawa yang menghambat pertumbuhan

B.       Auksin yang terdapat pada ujung tanaman  terkena sinar matahari akan berubah menjadi senyawa yang mempercepat pertumbuhan

C.       Auksin yang terdapat pada ujung tanaman  tidak terkena sinar matahari akan berubah menjadi senyawa yang menghambat pertumbuhan

D.       Auksin yang terdapat pada ujung tanaman  tidak terkena sinar matahari akan berubah menjadi senyawa meracuni pertumbuhan

E.        Auksin yang terdapat pada ujung tanaman  tidak terkena sinar matahari akan berubah menjadi buah  pertumbuhan

            Jawaban : A

 

28.    Indicator : Mendiskripsikan kelebihan menanam vegetative (cangkok)

Salah satu kelebihan manana buah dengan system cangkok adalah:

A.           Buah sama tidak sama dengan induk

B.            Tanaman lebih lambat berbuah

C.            Tanaman Tidak ada akar tungang

D.           Buah sama dengan induk

E.            Tanaman cepat mati

Jawaban : D

 

29.    Indikator: menyebutkan unsur makro yang dibutuhkan tanaman

Unsur hara dalam tanah yang paling dibutuhkan tanaman dalam jumlah paling banyak adalah..

A.       C (karbon)

B.       Mg (magnesium)

C.       H (hydrogen)

D.       Hg (raksa)

E.        N (nitrogen)

Jawaban : E

 

30.    Indikator: menyebutkan hormone tanaman

       Hormon tanaman yang berfungsi untuk merangsang mempercepat bungah….

A.    Auksin

B.     Giberilin

C.     Antonik

D.    Sitikinin

E.     Prolin

Jawaban : C

 

0 $type={blogger}: