MODUL AJAR IPAS SMK KELAS X BAB X.1.2.C

 

MODUL AJAR IPAS

SMK KELAS X

BAB X.1.2.C

 

1.        INFORMASI PERANGKAT AJAR

Institusi                  : SMK AL-KHOZINI            

Tahun disusun        : 2022

Jenjang sekolah      : SMK

Kelas                      : X (sepuluh)

Aspek                     : Ekologi lingkungan  

(limbah dan polusi)

Alokasi waktu       : 8 JP (8 X 45 menit)  2 X TM

 

2.    TUJUAN PEMBELAJARAN                  

a.    Fase CP  : E

b.  CP          : 2. Hubungan makhluk hidup dan lingkungannya dapat digambarkan sebagai individu -populasi – komunitas – ekosistem – biosfer

c.  Tujuan Pembelajaran  :

1.      Mendeskripsikan konsep ekologi dalam makhluk hidup dengan tepat

2.      Mengidentifikasi Penanggulangan limbah sekitar sekolah

3.      Menciptakan solusi terhadap permasalahan lingkungan yang ada di sekitarnya dengan melakukan projek sederhana.

            Elemen Capaian Pembelajaran : Pemahaman sains dan Keterampilan Sains

     d. Kata kunci       : Penanggulangan limbah sekitar sekolah

e. Pengetahuan dan/atau keterampilan atau kompetensi apa yang perlu dimiliki siswa sebelum mempelajari topik ini: Mengidentifikasi Penanggulangan limbah sekitar sekolah

 

3.    PROFIL BELAJAR PANCASILA

a.         Beriman, Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia

Siswa senantiasa ingat kepada Allah di setiap kegiatan/tindakan dan menjaga akhlaknya agar senantiasa mulia

b.         Bergotong royong

Siswa dalam melaksanakan praktik mengamati ciri-ciri umum mahluk hidup yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari bekerja dalam kelompok sehingga pekerjaan tersebut dilakukan secara bergotong royong

c.         Kreatif

Siswa menuangkan ide atau gagasan ketika merencanakan observasi Interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan

d.         Bernalar Kritis

Siswa melakukan langkah-langkah praktik secara benar dan mampu melakukan tindakan yang tepat dan cepat apabila ada yang salah dalam proses pelaksanaan praktik Guru memberikan bimbingan.

4.    SARANA PEMBELAJARAN

a. Komputer/laptop/HP, jaringan internet, data internet,

b. Alat Praktik    : Terlampir

c.  Bahan Praktik : Terlampir

5.      TARGET SISWA

6.      JUMLAH SISWA

Semua siswa dalam kelas, tanpa perbedaan kemampuan akademis dan tanpa perbedaan tipikal siswa

Sebanyak …….siswa dalam satu kelas, terbagi menjadi ……. kelompok

 

 

7.    KETERSEDIAAN MATERI

a. Pengayaan untuk siswa berpencapaian tinggi: YA / TIDAK

b. Alternatif penjelasan, metode, atau aktivitas, untuk siswa yang sulit   memahami konsep: YA / TIDAK

       

8.    MODEL  PEMBELAJARAN

PTM dengan model pembelajaran Diskusi, Tanya Jawab dan Observasi

9.    MATERI  AJAR   ALAT  DAN   BAHAN

a.         Materi Ajar: terlampir

Biologi x sma :………………………

 

10.          PEMBELAJARAN BERMAKNA

Peserta didik akan memahami bahwa mereka hidup pada suatu sistem, dimana antara komponen satu dengan komponen lainnya saling berkaitan.

 

11.        Pertemuan Ke-1 PTM   4 X 45” = 180”

A.  Pembukaan (Durasi 10 Menit)

1.    Menyapa dan Mempersiapkan Peserta Didik

Ø Memberikan salam pembuka kepada peserta didik

Ø Mengecek kehadiran peserta didik

Ø Mengecek kesiapan ruangan, kesiapan peserta didik untuk belajar serta memastikan  bahwa peserta didik dan guru mematuhi protokol kesehatan.

 

2.    Apersepsi

Ø  Peserta didik diminta untuk mencermati tayangan pada VIDIO 

Ø  Guru memberikan pemahaman bahwa terdapat banyak cara untuk mengatasi kerusakan lingkungan.

Ø  Guru memberikan pemahaman bahwa pertemuan kali ini kita akan fokus untuk menciptakan karya (diluar bioteknologi)  untuk mengatasi kerusakan lingkungan. Karya dapat ditampilkan dalam bentuk poster, infografis, video dan lainnya.

 

B.  Kegiatan Pembelajaran  (Durasi 160 Menit)

Ø  Peserta didik membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5 orang.  variasi kelompok berdasarkan sarana yang dimiliki atau kemampuan kognitif peserta didik

Ø  Peserta didik mencermati kembali fishbone diagram yang telah di buat pada modul sebelumnya.

Ø  Peserta didik mencermati pernyataan masalah yang dibuat pada masing-masing fishbone.

Ø  Peserta didik mencermati kembali penyebab-penyebab dari permasalahan lingkungan.

Ø  Peserta didik mengerjakan LKPD 1

Ø  Peserta didik mengisi lembar kerja peserta didik (LKPD) yang telah disediakan  (LKPD terlampir).

 

C.Penutup (Durasi 10 Menit)

 

Ø  Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari.

Ø  Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.

Ø  Guru meminta peserta didik menyampaikan perasaanya selama mengikuti pembelajaran.

Ø  Guru menyampaikan bahwa hasil pekrjaan peserta didik akan di presentasikan pada pertemuan berikutnya. Peserta didik dapat memilih media presentasi menggunakan ppt, kertas manila dan lainnya sesuai kemampuan, bakat dan minat.

Ø  Peserta didik menyampaikan salam penutup

Ø  Guru mengingatkan agar peserta didik tetap mengikuti protokol kesehatan

Rubrik Penilaian Pertemuan Ke-1

Rubrik Penilaian LKPD

No

Kriteria

 

Skor

1

Paparan Solusi

1.      Dipaparkan secara sistematis

2.      Di dasari fakta

3.      Bisa menanggulangi kerusakan lingkungan

4.      Bisa dilaksanakan

Semua kriteria terpenuhi

4

Tiga  kriteria terpenuhi

3

Dua kriteria terpenuhi

2

Satu kriteria terpenuhi

1

2

 Rancangan awal solusi

1.      Rancangan awal memuat seluruh kegiatan yang akan dilakukan

2.      Melibatkan pihak luar mislanya (warga sekolah, warga rumah dan lainnya)

Semua kriteria terpenuhi

2

Satu kriteria terpenuhi

1

 

Total Skor

6

              Nilai Workheet : Jumlah Skor      X 100

                                    6

 

Tabel Perkembangan Peserta Didik          

No

Kriteria

Perkembangan

Belum

Mulai

Sudah

1

Mampu menentukan solusi untuk permasalahan lingkungan.

Memenuhi 1 kriteria

Memenuhi 2 kriteria

Memenuhi semua kriteria

2

Mampu menjabarkan kebutuhan untuk membuat karya atau produk

3

Mampu menjabarkan racangan awal produk atau karya

  

Lembar Refleksi Kegiatan Pembelajaran Modul Ajar

Halo anak-anak, setelah kalian mengikuti pembelajaran dari pertemuan pertama sampai dengan ketiga silahkan isi tabel refleksi pada tabel di bawah ini!

Tabel Refleksi Diri Peserta Didik Modul

No.

Pertanyaan

Ya

Tidak

1

Saya mampu membuat perencanaan solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan lingkungan.

 

 

2

Saya mampu menciptakan solusi untuk mengatasi permasalahan lingkungan

 

 

3

Saya mampu mengkomunikasikan solusi untuk mengatasi permasalahan lingkungan

 

 

 

Tabel Refleksi Diri Guru Modul

No.

Pertanyaan

Ya

Tidak

1

Kegiatan pembelajaran berjalan sesuai waktu yang telah ditentukan

 

 

2

Metode atau model yang digunakan pada proses pembelajaran modul 1 sesuai dengan topik

 

 

3

Tujuan pembelajaran tercapai

 

 

4

Terdapat tantangan dalam melaksanakan proses pembelajaran (jika ada silahkan dijabarkan)

a…………………………………………………………………………

 

b………………………………………………………………………

 

c…………………………………………………………………………

 

 

 

5

Peserta didik merasa senang dan nyaman dalam mengikuti pembelajaran (uraikan alasannya baik jawabannya Ya atau Tidak)

a…………………………………………………………………………

 

b…………………………………………………………………………

 

 

 

 

Catatan : Peserta didik dikatakan perkebangannya melampaui teman sejawatnya apabila peserta didik memiliki capaian diluar kriteria yang ditargetkan misalnya : peserta didik mampu memprediksi kelemahan dan kelebihan solusi yang ditawarkan.

 Tindak Lanjut Penilaian

·         Peserta didik yang sudah berkembang dan  perkembangannya  melampaui dapat diberikan aktivitas tambahan dengan membantu guru untuk menjadi tutor sebaya.

·         Peserta didik yang belum berkembang dan mulai berkembang dapat diberikan pendampingan Kembali oleh guru maupun tutor sebaya.

 

 

 

MALANG 25 JULI 2022

GURU IPA

 

 

FATHUL ULUM


0 $type={blogger}: