MODUL AJAR IPAS
SMK KELAS X
BAB X.1.2.C
1.
INFORMASI PERANGKAT
AJAR
Institusi : SMK AL-KHOZINI
Tahun disusun : 2022
Jenjang sekolah : SMK
Kelas : X (sepuluh)
Aspek :
Ekologi lingkungan
(limbah
dan polusi)
Alokasi waktu : 8 JP (8 X 45 menit) 2 X TM
2.
TUJUAN PEMBELAJARAN
a.
Fase CP : E
b. CP : 2.
Hubungan makhluk hidup dan lingkungannya dapat digambarkan sebagai individu
-populasi – komunitas – ekosistem – biosfer
c. Tujuan
Pembelajaran :
1. Mendeskripsikan konsep ekologi dalam makhluk hidup
dengan tepat
2. Mengidentifikasi Penanggulangan limbah sekitar
sekolah
3.
Menciptakan
solusi terhadap permasalahan lingkungan yang ada di sekitarnya dengan melakukan
projek sederhana.
Elemen Capaian Pembelajaran :
Pemahaman sains dan Keterampilan Sains
d. Kata kunci : Penanggulangan limbah
sekitar sekolah
e. Pengetahuan dan/atau keterampilan atau kompetensi apa yang
perlu dimiliki siswa sebelum mempelajari topik ini: Mengidentifikasi Penanggulangan limbah sekitar sekolah
3.
PROFIL BELAJAR PANCASILA
a.
Beriman,
Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia
Siswa senantiasa ingat kepada Allah di setiap
kegiatan/tindakan dan menjaga akhlaknya agar senantiasa mulia
b.
Bergotong royong
Siswa dalam melaksanakan praktik mengamati
ciri-ciri umum mahluk hidup yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari bekerja
dalam kelompok sehingga pekerjaan tersebut dilakukan secara bergotong royong
c.
Kreatif
Siswa menuangkan ide atau gagasan ketika merencanakan
observasi Interaksi antara makhluk hidup
dan lingkungan
d.
Bernalar Kritis
Siswa melakukan langkah-langkah praktik secara
benar dan mampu melakukan tindakan yang tepat dan cepat apabila ada yang salah
dalam proses pelaksanaan praktik Guru memberikan bimbingan.
4.
SARANA PEMBELAJARAN
a. Komputer/laptop/HP, jaringan internet, data internet,
b. Alat Praktik :
Terlampir
c. Bahan Praktik : Terlampir
5.
TARGET SISWA |
6.
JUMLAH SISWA |
Semua siswa dalam kelas, tanpa perbedaan kemampuan akademis
dan tanpa perbedaan tipikal siswa |
Sebanyak
…….siswa dalam satu kelas, terbagi
menjadi …….
kelompok |
7. KETERSEDIAAN MATERI
a. Pengayaan untuk siswa berpencapaian tinggi: YA / TIDAK
b. Alternatif penjelasan, metode, atau aktivitas, untuk siswa
yang sulit memahami konsep: YA / TIDAK
8.
MODEL PEMBELAJARAN
PTM dengan model
pembelajaran Diskusi, Tanya Jawab dan Observasi
9.
MATERI AJAR ALAT DAN BAHAN
a.
Materi Ajar: terlampir
Biologi x sma :………………………
10.
PEMBELAJARAN BERMAKNA
Peserta didik akan memahami bahwa mereka
hidup pada suatu sistem, dimana antara komponen satu dengan komponen lainnya
saling berkaitan.
11.
Pertemuan Ke-1 PTM 4 X 45” = 180”
A. Pembukaan (Durasi 10 Menit)
1.
Menyapa
dan Mempersiapkan Peserta Didik
Ø Memberikan salam pembuka
kepada peserta didik
Ø Mengecek kehadiran peserta didik
Ø Mengecek kesiapan ruangan, kesiapan peserta didik untuk
belajar serta memastikan bahwa
peserta didik dan guru mematuhi protokol
kesehatan.
2. Apersepsi
Ø Peserta didik diminta untuk mencermati tayangan pada VIDIO
Ø Guru memberikan pemahaman bahwa terdapat banyak cara untuk
mengatasi kerusakan lingkungan.
Ø Guru memberikan pemahaman bahwa pertemuan kali ini kita akan
fokus untuk menciptakan karya (diluar bioteknologi) untuk mengatasi kerusakan lingkungan. Karya
dapat ditampilkan dalam bentuk poster, infografis, video dan lainnya.
B. Kegiatan Pembelajaran
(Durasi 160 Menit)
Ø
Peserta didik membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5
orang. variasi kelompok berdasarkan
sarana yang dimiliki atau kemampuan kognitif peserta didik
Ø Peserta didik mencermati kembali fishbone diagram yang
telah di buat pada modul sebelumnya.
Ø Peserta didik mencermati pernyataan masalah yang dibuat pada
masing-masing fishbone.
Ø Peserta didik mencermati kembali penyebab-penyebab dari
permasalahan lingkungan.
Ø Peserta didik mengerjakan LKPD 1
Ø Peserta
didik mengisi lembar kerja peserta didik (LKPD) yang telah disediakan (LKPD terlampir).
C.Penutup
(Durasi 10 Menit)
Ø Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
Ø Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap
pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Ø Guru meminta peserta didik menyampaikan perasaanya selama
mengikuti pembelajaran.
Ø Guru menyampaikan bahwa hasil pekrjaan peserta didik akan di
presentasikan pada pertemuan berikutnya. Peserta didik dapat memilih media
presentasi menggunakan ppt, kertas manila dan lainnya sesuai kemampuan, bakat
dan minat.
Ø Peserta didik menyampaikan salam penutup
Ø Guru mengingatkan agar peserta didik tetap mengikuti protokol
kesehatan
Rubrik
Penilaian Pertemuan Ke-1
Rubrik Penilaian LKPD
No |
Kriteria |
|
Skor |
1 |
Paparan Solusi 1.
Dipaparkan
secara sistematis 2.
Di dasari
fakta 3.
Bisa
menanggulangi kerusakan lingkungan 4.
Bisa
dilaksanakan |
Semua kriteria
terpenuhi |
4 |
Tiga kriteria terpenuhi |
3 |
||
Dua kriteria
terpenuhi |
2 |
||
Satu kriteria
terpenuhi |
1 |
||
2 |
Rancangan awal solusi 1.
Rancangan awal
memuat seluruh kegiatan yang akan dilakukan 2.
Melibatkan
pihak luar mislanya (warga sekolah, warga rumah dan lainnya) |
Semua kriteria
terpenuhi |
2 |
Satu kriteria
terpenuhi |
1 |
||
Total Skor |
6 |
Nilai Workheet : Jumlah Skor X 100
6
Tabel Perkembangan Peserta Didik
No |
Kriteria |
Perkembangan |
||
Belum |
Mulai |
Sudah |
||
1 |
Mampu
menentukan solusi untuk permasalahan lingkungan. |
Memenuhi 1 kriteria |
Memenuhi 2 kriteria |
Memenuhi semua kriteria |
2 |
Mampu
menjabarkan kebutuhan untuk membuat karya atau produk |
|||
3 |
Mampu
menjabarkan racangan awal produk atau karya |
Lembar Refleksi Kegiatan Pembelajaran Modul Ajar
Halo anak-anak,
setelah kalian mengikuti pembelajaran dari pertemuan pertama sampai dengan
ketiga silahkan isi tabel refleksi pada tabel di bawah ini!
Tabel Refleksi
Diri Peserta Didik Modul
No. |
Pertanyaan |
Ya |
Tidak |
1 |
Saya mampu membuat perencanaan solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan lingkungan. |
|
|
2 |
Saya mampu menciptakan solusi
untuk mengatasi permasalahan lingkungan |
|
|
3 |
Saya
mampu mengkomunikasikan solusi untuk mengatasi permasalahan lingkungan |
|
|
Tabel Refleksi Diri Guru Modul
No. |
Pertanyaan |
Ya |
Tidak |
1 |
Kegiatan pembelajaran berjalan sesuai waktu yang
telah ditentukan |
|
|
2 |
Metode atau model yang digunakan pada proses
pembelajaran modul 1 sesuai dengan topik |
|
|
3 |
Tujuan pembelajaran tercapai |
|
|
4 |
Terdapat
tantangan dalam melaksanakan proses pembelajaran (jika ada silahkan
dijabarkan) a…………………………………………………………………………
b………………………………………………………………………
c…………………………………………………………………………
|
|
|
5 |
Peserta
didik merasa senang dan nyaman dalam mengikuti pembelajaran (uraikan
alasannya baik jawabannya Ya atau Tidak) a…………………………………………………………………………
b…………………………………………………………………………
|
|
|
Catatan : Peserta didik dikatakan perkebangannya
melampaui teman sejawatnya apabila peserta didik memiliki capaian diluar
kriteria yang ditargetkan misalnya : peserta didik mampu memprediksi kelemahan
dan kelebihan solusi yang ditawarkan.
Tindak Lanjut Penilaian
·
Peserta
didik yang sudah berkembang dan
perkembangannya melampaui dapat
diberikan aktivitas tambahan dengan membantu guru untuk menjadi tutor sebaya.
·
Peserta
didik yang belum berkembang dan mulai berkembang dapat diberikan pendampingan
Kembali oleh guru maupun tutor sebaya.
MALANG
25 JULI 2022
GURU
IPA
FATHUL
ULUM
0 $type={blogger}:
Posting Komentar