MODUL AJAR IPA X SMK CP 2.1 A

 

MODUL AJAR IPAS

SMK Kelas X

 

 

1.        INFORMASI PERANGKAT AJAR

Institusi                  : SMK AL-KHOZINI            

Tahun disusun        : 2022

Jenjang sekolah      : SMK

Kelas                      : X (sepuluh)

Aspek                    : CP.2.1A. Materi dan perubahanya

Alokasi waktu       : 8 JP (8 X 45 menit)  2 X TM

 

2.        TUJUAN PEMBELAJARAN                  

a.    Fase CP  : E

b.   CP             :

1.      Menjelaskan fenomena secara

2.      Mendesain dan mengevaluasi penyelidikan

3.      Menerjemahkan data dan bukti-bukti secara ilmiah

 

c.      Tujuan Pembelajaran  :

a.         Siswa dapat mendiskripsikan materi dan perubahnya

b.        Siswa dapat mendiskripsikan sifat materi dan perubahnya

c.         Siswa dapat mendiskripsikan perubahan materi

d.        Siswa dapat zat-zat kimia dalam kehidupan sehari-hari

e.         Siswa dapat mengamati materi di sekitar

 

d.   Kata kunci                 :

        Materi  di sekitar  yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

 

e.          Pengetahuan dan/atau keterampilan atau kompetensi apa yang perlu dimiliki siswa sebelum mempelajari topik ini:

Siswa mengetahui tentang materi dan perubahaanya  di sikitar kita dalam kehidupan sehari-hari

 

 

3.        PROFIL BELAJAR PANCASILA

a.         Beriman, Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia

Siswa senantiasa ingat kepada Allah di setiap kegiatan/tindakan dan menjaga akhlaknya agar senantiasa mulia

b.        Bergotong royong

Siswa dalam melaksanakan praktik mengamati ciri-ciri umum mahluk hidup yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari bekerja dalam kelompok sehingga pekerjaan tersebut dilakukan secara bergotong royong

c.         Kreatif

Siswa menuangkan ide atau gagasan ketika merencanakan observasi ciri-ciri mahluk hidup

d.        Bernalar Kritis

Siswa melakukan langkah-langkah praktik secara benar dan mampu melakukan tindakan yang tepat dan cepat apabila ada yang salah dalam proses pelaksanaan praktik Guru memberikan bimbingan.

 

4.        SARANA PEMBELAJARAN

a. Komputer/laptop/HP, jaringan internet, data internet,

b. Alat Praktik    : Terlampir

c.  Bahan Praktik : Terlampir

 

5.      TARGET SISWA

6.      JUMLAH SISWA

Semua siswa dalam kelas, tanpa perbedaan kemampuan akademis dan tanpa perbedaan tipikal siswa

Sebanyak …….siswa dalam satu kelas, terbagi menjadi ……. kelompok

 

 

7.        KETERSEDIAAN MATERI

a. Pengayaan untuk siswa berpencapaian tinggi: YA / TIDAK

b. Alternatif penjelasan, metode, atau aktivitas, untuk siswa yang sulit   memahami konsep: YA / TIDAK

       

8.        MODEL PEMBELAJARAN

PTM dengan model pembelajaran Diskusi, Tanya Jawab dan Observasi

9.        MATERI AJAR ALAT DAN BAHAN

a.         Materi Ajar: terlampir

1)        Buku Kimia Dasar I

2)        Modul dalam web bloog

3)        Lembar kerja yang sudah disiapkan

b.         Alat : Alat yang harus dimiliki siswa personal adalah laptop/computer/HP untuk pembelajaran daring serta koneksi internet dan data internet (pulsa). Alat praktik bisa menggunakan alat di Lab jika PTM atau alat-alat rumah tangga yang ada di rumah. Jenis barang yang diperlukan ada di dalam lampiran Lembar Kerja Siswa

c.         Bahan Praktik : Bahan-bahan praktik bisa dibeli di toko kimia jenis bahan yang diperlukan ada dalam Lembar Kerja Siswa

 

Pertemuan Ke-1 PTM 4 X 45” = 180”

A.  Pembukaan (Durasi 10 Menit)

1.    Menyapa dan Mempersiapkan Peserta Didik

Ø Memberikan salam pembuka kepada peserta didik

Ø Mengecek kehadiran peserta didik

Ø Mengecek kesiapan ruangan, kesiapan peserta didik untuk belajar serta memastikan  bahwa peserta didik dan guru mematuhi protokol kesehatan.

Ø Meminta salah satu peserta didik memimpin doa.

 

2.    Apersepsi

Ø  Meminta peserta didik meperhatikan lingkungan sekitar kelas kemudian bertanya : Apakah lingkungan  kalian hanya terdiri dari materi atau bendan mati ?

Ø  Mengarahkan peserta didik untuk memahami bahwa dilingkungan sekitar tidak hanya terdapat mahluk hidup tetapi juga terdapat benda mati.

 

B.  Kegiatan Pembelajaran  (Durasi 160 Menit)

Ø  Peserta didik membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5 orang.  variasi kelompok berdasarkan sarana yang dimiliki atau kemampuan kognitif peserta didik

Ø  Peserta didik bersama guru menentukan matri dan perubahanya

Ø  Peserta didik secara berkelompok mengamati sifat dan perubahan materi

Ø  Peserta didik secara individu mencatat semua sifat dan perubahan materi yang ditemukan pada saat melakukan observasi.

Ø  Peserta didik mengisi lembar kerja peserta didik (LKPD) yang telah disediakan (LKPD terlampir).

 

C.  Penutup (Durasi 10 Menit)

Berikut adalah kegiatan penutup

Ø  Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari.

Ø  Peserta didik menyampaikan salam penutup

Ø  Guru mengingatkan agar peserta didik tetap mengikuti protokol kesehatan.

 




###########&&&&&&$$$$$$$$$$&&&&&&&##########

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIKK

Kelompok :..................

1..................................

2....................................

3......................................

4......................................

5……………………………………….

 
(LKPD)  A

Nama Sekolah           :SMK- ALKHOZINI

Mata Pelajaran          :IPAS

Kelas / Semester       : X / GANJIL

Topik                         : Materi dan perubahnya

Tahun Pelajaran        : 2022-2023

Alokasi Waktu          :  2 X 45 jam pelajaran

 

Capaian Pembelajaran  : Zat dan Perubahannya

 

FASE E  Aspek ini meliputi:

1.  Jenis dan sifat zat yang dibedakan secara kimia dan fisika, ciri-ciri dari perubahan zat secara fisika, kimia dan biologi, serta unsur senyawa campuran

 

Kaji literatur  diskusikan dengan temanmu

1.         

Konsep materi

………..

 

2.         

Sifat materi

Jelaskan dan berikan contoh

Kimia

 

 

Biologi

 

 

Fisika

 

 

3.         

Berubahan  materi

Jelaskan dan berikan contoh

Kimia

 

 

Fisika

 

 

 



4.        Sebutkan nama perubahan pada sekema di atas

No

Nama perubahan dan contohnya

1

 

2

 

3

 

4

 

5

 

6

 

  

5.        Diskusikan dengan temanmu sebutkan factor yang mempengaruhi perubahan materi ….  Mengapa bisa terjadi

 

 

###########&&&&&&$$$$$$$$$$&&&&&&&##########

 

 

 

 

 


0 $type={blogger}: