MODUL IPAS KELAS X SMK CP 10.1.B

MODUL AJAR IPAS

SMK KELAS X

 

1.        INFORMASI PERANGKAT AJAR

Institusi                  : SMK AL-KHOZINI            

Tahun disusun        : 2022

Jenjang sekolah      : SMK

Kelas                      : X (sepuluh)

Aspek                    : Makhluk hidup dan   lingkungannya

Alokasi waktu       : 8 JP (8 X 45 menit)  2 X TM

 

2.    TUJUAN PEMBELAJARAN                  

a.    Fase CP  : E

b.  CP          : 2. Hubungan makhluk hidup dan lingkungannya dapat digambarkan sebagai individu -populasi – komunitas – ekosistem – biosfer

c.  Tujuan Pembelajaran  :

1.    Mengidentifikasi komponen ekosistem dengan menyajikan laporan hasil pengamatan ekosistem di lingkungan sekitarnya

2.    Mengidentifikasi interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan dengan tepat

3.    Menyusun jaring-jaring makanan atau rantai makanan dari hasil pengamatan ekosistem yang ada di lingkungan sekitar

4.    Menganalisis interaksi yang terjadi antar komponen ekosistem dengan menyajikan data hasil pengamatan di lingkungan sekitar

            Elemen Capaian Pembelajaran : Pemahaman sains dan Keterampilan Sains

     d. Kata kunci       : Interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan

e. Pengetahuan dan/atau keterampilan atau kompetensi apa yang perlu dimiliki siswa sebelum mempelajari topik ini: Mengidentifikasi interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan

3.    PROFIL BELAJAR PANCASILA

a.         Beriman, Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia

Siswa senantiasa ingat kepada Allah di setiap kegiatan/tindakan dan menjaga akhlaknya agar senantiasa mulia

b.         Bergotong royong

Siswa dalam melaksanakan praktik mengamati ciri-ciri umum mahluk hidup yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari bekerja dalam kelompok sehingga pekerjaan tersebut dilakukan secara bergotong royong

c.         Kreatif

Siswa menuangkan ide atau gagasan ketika merencanakan observasi Interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan

d.         Bernalar Kritis

Siswa melakukan langkah-langkah praktik secara benar dan mampu melakukan tindakan yang tepat dan cepat apabila ada yang salah dalam proses pelaksanaan praktik Guru memberikan bimbingan.

4.    SARANA PEMBELAJARAN

a. Komputer/laptop/HP, jaringan internet, data internet,

b. Alat Praktik    : Terlampir

c.  Bahan Praktik : Terlampir

 

 

5.      TARGET SISWA

6.      JUMLAH SISWA

Semua siswa dalam kelas, tanpa perbedaan kemampuan akademis dan tanpa perbedaan tipikal siswa

Sebanyak …….siswa dalam satu kelas, terbagi menjadi ……. kelompok

 

 

7.    KETERSEDIAAN MATERI

a. Pengayaan untuk siswa berpencapaian tinggi: YA / TIDAK

b. Alternatif penjelasan, metode, atau aktivitas, untuk siswa yang sulit   memahami konsep: YA / TIDAK

       

8.    MODEL PEMBELAJARAN

PTM dengan model pembelajaran Diskusi, Tanya Jawab dan Observasi

9.    MATERI AJAR ALAT DAN BAHAN

a.         Materi Ajar: terlampir

Biologi x sma :………………………

 

10.          PEMBELAJARAN BERMAKNA

Peserta didik akan memahami bahwa mereka hidup pada suatu sistem, dimana antara komponen satu dengan komponen lainnya saling berkaitan.

 

11.        Pertemuan Ke-1 PTM 4 X 45” = 180”

A.  Pembukaan (Durasi 10 Menit)

1.    Menyapa dan Mempersiapkan Peserta Didik

Ø Memberikan salam pembuka kepada peserta didik

Ø Mengecek kehadiran peserta didik

Ø Mengecek kesiapan ruangan, kesiapan peserta didik untuk belajar serta memastikan  bahwa peserta didik dan guru mematuhi protokol kesehatan.

Ø Meminta salah satu peserta didik memimpin doa.

 

2.    Apersepsi

Ø  Meminta peserta didik meperhatikan lingkungan sekitar kelas kemudian bertanya : Apakah lingkungan  kalian hanya terdiri dari mahluk hidup saja?

Ø  Mengarahkan peserta didik untuk memahami bahwa dilingkungan sekitar tidak hanya terdapat mahluk hidup tetapi juga terdapat benda mati.

 

B.  Kegiatan Pembelajaran  (Durasi 160 Menit)

Ø  Peserta didik membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5 orang.  variasi kelompok berdasarkan sarana yang dimiliki atau kemampuan kognitif peserta didik

Ø  Peserta didik bersama guru menentukan ekosistem yang akan diobservasi.

    audiu visual , lingkungan sekolah

Ø  Peserta didik secara berkelompok mengamati ekosistem di sekitarnya. atau pada audiu visual

Ø  Peserta didik secara individu mencatat semua komponen ekosistem yang ditemukan pada saat melakukan observasi

Ø  Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan intraksi yang terjadi pada ekosistem yang telah di amati

Ø  Peserta didik mengisi lembar kerja peserta didik (LKPD) yang telah disediakan (LKPD terlampir). 

Ø Guru  dapat memodifikasi pertanyaan pada LKPD sesuai dengan karakteristik peserta didik

 

C.  Penutup (Durasi 10 Menit)

Berikut adalah kegiatan penutup

Ø  Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari.

Ø  Peserta didik menyampaikan salam penutup

Ø  Guru mengingatkan agar peserta didik tetap mengikuti protokol kesehatan.

 

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pertemuan Ke-1A

Nama:

Hari :

 Kelas:

Tanggal:

KOMPONEN BIOTIK DAN ABIOTIK

Amati sebuah ekosistem di sekitar tempat kalian apabila kalian tidak dapat melakukan observasi secara langsung silahkan cermati gambar  dan lakukan observasi secara cermat dan hati-hati catat semua benda yang kalian temukan, selanjunya kelompokan kedalam komponen biotik dan abiotic tulislah jawaban kalian pada kolom dibawah ini

BIOTIK

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABIOTIK



SILAHKAN CATAT HAL YANG PENTING YANG KALIAN TEMUKAN PADA SAAT OBSERVASI

 

 

 

 

 

 

 

 

 



&&&&&&&&&&&&$$$$$$$$$$&&&&&&&&&&&&





…..

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pertemuan Ke-1B

Nama:

Hari :

 Kelas:

Tanggal:

PENGELOMPOKAN KOMPONEN BIOTIK

Kelompokan komponen biotik yang kalian temukan pada sat observasi ekosistem dengan langkah-langkah berikut ini:

1.      Ambil kembali pekerjaan kalian pada pertemuan sebelumnya

2.      Cermati komponen biotik yang kalian dapatkan

3.      Kelompokan komponen biotik menjadi produsen konsumen tingkat 1,2,3 dan pengurai serta detrivor

4.      Tulislah pada kolom di bawah ini

PRODUSEN

 

 

 

 

 

PENGURAI

 

 

 

 

 

 

 

 

KONSUMEN

 

 

 

 

 

 

 

 

DETRIVOR

CATATAN

 

 

 

 

 

 

 

Rubrik Penilaian Pertemuan Ke-1

   Rubrik Penilaian LKPD 1 ( Pengelompokkan Komponen Biotik dan Abiotik)

No

Kriteria

Skor

1

Menempatkan komponen biotik dalam tabel komponen biotik

1

2

Menempatkan komponen abiotik dalam tabel komponen abiotik

1

3

Menyebutkan minimal 3 komponen biotik

1

4

Menyebutkan minimal 3 komponen abiotik

1

Total

4

Nilai :  X 100

Tabel Perkembangan Peserta Didik

No.

Kriteria

Perkembangan

Sudah

Mulai

Belum

1

Mampu menempatkan komponen biotik dalam tabel komponen biotik

Semua kriteria terpenuhi

Hanya dua kriteria terpenuhi

Hanya satu kriteria terpenuhi

2

Mampu menempatkan komponen abiotik dalam tabel komponen abiotik

3

Mampu menyebutkan minimal 3 komponen biotik

4

Mampu menyebutkan minimal 3 komponen abiotik

 

Catatan : Peserta didik dikatakan perkembangannya melampaui teman sejawatnya apabila peserta didik memiliki capaian melampaui kriteria yang telah ditargetkan seperti mengelompokkan komponen biotik kedalam produsen, konsumen dan lain sebagainya.

·         Peserta didik yang sudah berkembang dan  perkembangannya  melampaui dapat diberikan aktivitas tambahan dengan membaca materi untuk peserta didik dengan pencapaian tinggi (materi terlampir)

·         Peserta didik yang belum berkembang dan mulai berkembang dapat diberikan pendampingan kembali oleh guru maupun tutor sebaya. Materi yang diberikan disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik.

 

 

Tindak Lanjut Penilaian:

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

 

 &&&&&&&&&&&&$$$$$$$$$$&&&&&&&&&&&&

 

Pertemuan Ke-2

A.     Pembukaan (Durasi 10 Menit)PTM

1.    Menyapa dan Mempersiapkan Peserta Didik

Ø  Memberikan salam pembuka kepada peserta didik

Ø  Mengecek kehadiran peserta didik

Ø  Mengecek kesiapan ruangan, kesiapan peserta didik untuk belajar serta memastikan  bahwa peserta didik dan guru mematuhi protokol kesehatan.

Ø  Meminta salah satu peserta

2.    Apersepsi

Ø Meminta murid meperhatikan video mengenai proses makan memakan pada suatu ekosistem.( Sumber Video 

Apabila di sekolah  tidak tersedia fasilitas LCD proyektor maka video dapat diganti dengan gambar :


 

Ø Mengarahkan peserta didik untuk memahami antara komponen biotik pada suatu ekosistem terjadi peristiwa makan dan dimakan.

 

B.         Kegiatan Pembelajaran  (Durasi 160 Menit)

1.         Peserta didik mencermati kembali hasil pekerjaanya pada LKPD 1.

2.         Peserta didik mengerjakan lembar kerja peserta didik (LKPD) 2. Pada LKPD 2 peserta didik akan melakukan dua kegiatan yaitu :

a.    Peserta didik mengelompokkan komponen biotik ke dalam produsen, konsumen, pengurai dan detritivor.

b.    Peserta didik membuat jaring-jaring makanan sesuai dengan pengelompokkan komponen

c. Mengamati manfaat  dan dampak kerusakan ekosistem.

3.         Guru mendampingi peserta didik dalam mebuat tabel serta jaring-jaraing makanan.

 

C.     Penutup (Durasi 10 Menit)

Ø  Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari.

Ø  Guru meminta peserta didik menyampaikan perasaanya selama mengikuti pembelajaran.

Ø  Peserta didik menyampaikan salam penutup

Ø  Guru mengingatkan agar peserta didik tetap mengikuti protokol kesehatan.

 

 

12.    Penilaian

a.       LKPD observasi

b.      Tulis soal terlapir

 &&&&&&&&&&&&$$$$$$$$$$&&&&&&&&&&&&

 

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pertemuan Ke-2

Nama:

Hari :

 Kelas:

Tanggal:

 

JARING MAKANAN

Setelah mengelompokan komponen biotik buatlah jarring-jaring makanan (rantai makanan) berdasarkan komponen biotik yang kalian temukan

JARING MAKANAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pertemuan Ke-2A

Nama:

Hari :

 Kelas:

Tanggal:

Instraksi antar organisme

Setelah kalian mengelompokan komponen ekosistem serta membuat jarring-jaring makanan, sekarang saatnya kalian melakukan analisis mengenai intraksi yang mungkin terjadi pada organisme dalam ekosistem yang kalian amati . Untuk mempermudah kalian bekerja silakan lakukan langkah berikut:

Ø  Perhatikan dengan baik pengelompokan komponen biotik dan jarring-jaring makanan

Ø  Analisislah intraksi antar oganisme yang mungkin terjadi pada komponen biotik

Ø  Kelompok intraksi yang terjadi apakah termasuk kedalam predasi , netral, parasitisme, komensalisme dan motualisme

Predasi

 

 

 

 

Netral

 

 

 

 

 

 

Parasitisme

 

 

 

 

 

 

 

Komensalisme

Motoalisme

 

 

 

 

 

 



Rubrik Penialian Pertemuan Ke-2

Rubrik Penilaian Pengelompokkan Komponen Biotik

No

Kriteria

Skor

1

Meletakkan produsen pada kolom produsen

1

2

Meletakkan konsumen pada kolom konnsumen

1

3

Meletakkan Pengurai pada kolom pengurai

1

4

Meletakkan detritivor pada kolom detritivor

1

 

Total

4

     Nilai : Jumlah Skor   x 100

                           4

            

Rubrik Penilaian Jaring-Jaring/Rantai Makanan

No

Kriteria

 

Skor

Bobot

1

Isi

1.      Menuliskan minimal dua alternatif jaring-jaring makanan

(Catatan : apabila peserta didik tidak memungkinkan membuat jaring-jaring makanan maka sesuikan kriteria penilaian)

2.    Peristiwa makan dan dimakan benar

Semua kriteria terpenuhi

4

4

Satu kriteria terpenuhi

2

2

Tampilan

1.      Gambar jelas

2.      Posisi gambar, tanda panah dan tulisan sesuai pada tempatnya.

3.      Gambar, tulisan serta tanda panah dapat dibaca/dilihat dengan jelas

4.      Keterangan yang berupa tulisan dijabarkan secara efektif dan efisien.

Semua kriteria terpenuhi

4

3

Tiga kriteria terpenuhi

3

Dua kriteria terpenuhi

2

Satu kriteria terpenuhi

1

3

Ketepatan waktu

 

Tepat waktu

4

2

Terlambat 1 hari

3

Terlambat 2 hari

2

Terlambat 3 hari

1

      Nilai Jaring-jaring/rantai makanan     : Jumlah Skor x Bobot      X 100

                                                                                    40                 

Tabel Perkembangan Peserta Didik

No.

Kriteria

Perkembangan

Sudah

Mulai

Belum

1

Mampu menempatkan produsen, konsumen, pengurai dan detritivor  pada kolom yang benar

Semua kriteria terpenuhi

Hanya dua kriteria terpenuhi

Hanya satu kriteria terpenuhi

2

Mampu mempresentasikan, bertanya, memberikan sara dan pernyataan dengan baik

3

Mampu membuat jaring-jaring makanan

4

Mampu memahami aliran energi pada jaring-jaring makanan dan piramida energi.

  

·         Peserta didik yang sudah berkembang dan  perkembangannya  melampaui dapat diberikan aktivitas tambahan dengan membaca materi untuk peserta didik dengan pencapaian tinggi (materi terlampir)

·         Peserta didik yang belum berkembang dan mulai berkembang dapat diberikan pendampingan kembali oleh guru maupun tutor sebaya.

 

Catatan : Peserta didik dikatakan perkebangannya melampaui teman sejawatnya apabila peserta didik telah melampaui kriteria yang ditargetkan misalnya : peserta didik mampu mengidentifikasi jenis jaring-jaring makanan. Apakah jaring-jaring makanan tersebut dapat ditemukan pada ekosistem pantai, sungai, kebun atau yang lainnya.

   Tindak Lanjut Penialian

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

 

 

 

Malang :………….juli 2022

Guru IPA

 

FATHUL ULUM

 


0 $type={blogger}: