MODUL AJAR IPAS
SMK KELAS X
1.
INFORMASI PERANGKAT
AJAR
Institusi : SMK AL-KHOZINI
Tahun disusun : 2022
Jenjang sekolah : SMK
Kelas : X (sepuluh)
Aspek : Makhluk hidup dan lingkungannya
Alokasi waktu : 8 JP (8 X 45 menit) 2 X TM
2.
TUJUAN PEMBELAJARAN
a.
Fase CP : E
b. CP : 2.
Hubungan makhluk hidup dan lingkungannya dapat digambarkan sebagai individu
-populasi – komunitas – ekosistem – biosfer
c. Tujuan
Pembelajaran :
1.
Mengidentifikasi komponen ekosistem dengan menyajikan laporan hasil pengamatan
ekosistem di lingkungan sekitarnya
2.
Mengidentifikasi
interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan dengan tepat
3.
Menyusun jaring-jaring makanan atau rantai makanan dari hasil pengamatan
ekosistem yang ada di lingkungan sekitar
4.
Menganalisis interaksi yang terjadi antar komponen ekosistem dengan
menyajikan data hasil pengamatan di lingkungan sekitar
Elemen Capaian Pembelajaran :
Pemahaman sains dan Keterampilan Sains
d. Kata kunci : Interaksi antara makhluk hidup dan
lingkungan
e. Pengetahuan dan/atau keterampilan atau kompetensi apa yang
perlu dimiliki siswa sebelum mempelajari topik ini: Mengidentifikasi interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan
3.
PROFIL BELAJAR PANCASILA
a.
Beriman,
Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia
Siswa senantiasa ingat kepada Allah di setiap
kegiatan/tindakan dan menjaga akhlaknya agar senantiasa mulia
b.
Bergotong royong
Siswa dalam melaksanakan praktik
mengamati ciri-ciri umum mahluk hidup yang digunakan dalam kehidupan
sehari-hari bekerja dalam kelompok sehingga pekerjaan tersebut dilakukan secara
bergotong royong
c.
Kreatif
Siswa menuangkan ide atau gagasan ketika merencanakan
observasi Interaksi antara makhluk hidup
dan lingkungan
d.
Bernalar Kritis
Siswa melakukan langkah-langkah praktik secara
benar dan mampu melakukan tindakan yang tepat dan cepat apabila ada yang salah
dalam proses pelaksanaan praktik Guru memberikan bimbingan.
4.
SARANA PEMBELAJARAN
a. Komputer/laptop/HP, jaringan internet, data internet,
b. Alat Praktik :
Terlampir
c. Bahan Praktik : Terlampir
5.
TARGET SISWA |
6.
JUMLAH SISWA |
Semua siswa dalam kelas, tanpa perbedaan kemampuan akademis
dan tanpa perbedaan tipikal siswa |
Sebanyak
…….siswa dalam satu kelas, terbagi
menjadi …….
kelompok |
7. KETERSEDIAAN MATERI
a. Pengayaan untuk siswa berpencapaian tinggi: YA / TIDAK
b. Alternatif penjelasan, metode, atau aktivitas, untuk siswa
yang sulit memahami konsep: YA / TIDAK
8.
MODEL PEMBELAJARAN
PTM dengan model
pembelajaran Diskusi, Tanya Jawab dan Observasi
9.
MATERI AJAR ALAT DAN BAHAN
a.
Materi Ajar: terlampir
Biologi x sma :………………………
10.
PEMBELAJARAN BERMAKNA
Peserta didik akan memahami bahwa mereka
hidup pada suatu sistem, dimana antara komponen satu dengan komponen lainnya
saling berkaitan.
11.
Pertemuan Ke-1 PTM 4 X 45” = 180”
A. Pembukaan (Durasi 10 Menit)
1.
Menyapa
dan Mempersiapkan Peserta Didik
Ø Memberikan salam pembuka
kepada peserta didik
Ø Mengecek kehadiran peserta didik
Ø Mengecek kesiapan ruangan, kesiapan peserta didik untuk
belajar serta memastikan bahwa
peserta didik dan guru mematuhi protokol
kesehatan.
Ø Meminta salah satu
peserta didik memimpin doa.
2. Apersepsi
Ø Meminta peserta didik meperhatikan lingkungan sekitar kelas
kemudian bertanya : Apakah lingkungan
kalian hanya terdiri dari mahluk hidup saja?
Ø Mengarahkan peserta didik untuk memahami bahwa dilingkungan
sekitar tidak hanya terdapat mahluk hidup tetapi juga terdapat benda mati.
B. Kegiatan Pembelajaran
(Durasi 160 Menit)
Ø
Peserta didik membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5
orang. variasi kelompok berdasarkan
sarana yang dimiliki atau kemampuan kognitif peserta didik
Ø
Peserta didik bersama guru menentukan ekosistem yang akan
diobservasi.
audiu visual , lingkungan sekolah
Ø
Peserta didik secara berkelompok mengamati ekosistem di sekitarnya. atau pada audiu visual
Ø
Peserta didik secara individu mencatat semua komponen
ekosistem yang ditemukan pada saat melakukan observasi
Ø Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan intraksi yang terjadi pada ekosistem yang telah di amati
Ø Peserta didik mengisi lembar kerja peserta didik (LKPD) yang telah disediakan (LKPD terlampir).
Ø Guru dapat memodifikasi pertanyaan pada LKPD sesuai dengan karakteristik peserta didik
C. Penutup (Durasi 10 Menit)
Berikut adalah kegiatan penutup
Ø Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
Ø Peserta didik menyampaikan salam penutup
Ø Guru mengingatkan agar peserta didik tetap mengikuti protokol
kesehatan.
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pertemuan Ke-1A
Nama: |
Hari : |
Kelas: |
Tanggal: |
KOMPONEN BIOTIK DAN ABIOTIK
Amati sebuah ekosistem di sekitar tempat kalian
apabila kalian tidak dapat melakukan observasi secara langsung silahkan cermati
gambar dan lakukan observasi secara
cermat dan hati-hati catat semua benda yang kalian temukan, selanjunya
kelompokan kedalam komponen biotik dan abiotic tulislah jawaban kalian pada
kolom dibawah ini
BIOTIK |
ABIOTIK |
SILAHKAN CATAT HAL YANG PENTING YANG KALIAN TEMUKAN PADA SAAT
OBSERVASI
|
&&&&&&&&&&&&$$$$$$$$$$&&&&&&&&&&&&
…..
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pertemuan Ke-1B
Nama: |
Hari : |
Kelas: |
Tanggal: |
PENGELOMPOKAN KOMPONEN BIOTIK
Kelompokan komponen biotik
yang kalian temukan pada sat observasi ekosistem dengan langkah-langkah berikut
ini:
1. Ambil
kembali pekerjaan kalian pada pertemuan sebelumnya
2. Cermati
komponen biotik yang kalian dapatkan
3. Kelompokan
komponen biotik menjadi produsen konsumen tingkat 1,2,3 dan pengurai serta
detrivor
4. Tulislah
pada kolom di bawah ini
PRODUSEN |
PENGURAI |
KONSUMEN |
DETRIVOR |
CATATAN |
Rubrik
Penilaian Pertemuan Ke-1
Rubrik
Penilaian LKPD 1 ( Pengelompokkan Komponen Biotik dan Abiotik)
No |
Kriteria |
Skor |
1 |
Menempatkan
komponen biotik dalam tabel komponen biotik |
1 |
2 |
Menempatkan
komponen abiotik dalam tabel komponen abiotik |
1 |
3 |
Menyebutkan
minimal 3 komponen biotik |
1 |
4 |
Menyebutkan
minimal 3 komponen abiotik |
1 |
Total |
4 |
Nilai : X 100
Tabel
Perkembangan Peserta Didik
No. |
Kriteria |
Perkembangan |
||
Sudah |
Mulai |
Belum |
||
1 |
Mampu menempatkan komponen biotik dalam tabel
komponen biotik |
Semua kriteria
terpenuhi |
Hanya dua
kriteria terpenuhi |
Hanya satu
kriteria terpenuhi |
2 |
Mampu menempatkan komponen abiotik dalam
tabel komponen abiotik |
|||
3 |
Mampu menyebutkan minimal 3 komponen biotik |
|||
4 |
Mampu menyebutkan minimal 3 komponen abiotik |
Catatan : Peserta didik dikatakan perkembangannya
melampaui teman sejawatnya apabila peserta didik memiliki capaian melampaui
kriteria yang telah ditargetkan seperti mengelompokkan komponen biotik kedalam
produsen, konsumen dan lain sebagainya.
·
Peserta
didik yang sudah berkembang dan
perkembangannya melampaui dapat
diberikan aktivitas tambahan dengan membaca materi untuk peserta didik dengan
pencapaian tinggi (materi terlampir) ·
Peserta
didik yang belum berkembang dan mulai berkembang dapat diberikan pendampingan
kembali oleh guru maupun tutor sebaya. Materi yang diberikan disesuaikan
dengan kebutuhan peserta didik. |
Tindak Lanjut Penilaian:
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
Pertemuan Ke-2
A. Pembukaan
(Durasi 10 Menit)PTM
1.
Menyapa
dan Mempersiapkan Peserta Didik
Ø Memberikan salam pembuka
kepada peserta didik
Ø Mengecek kehadiran peserta didik
Ø Mengecek kesiapan ruangan, kesiapan peserta didik untuk
belajar serta memastikan bahwa
peserta didik dan guru mematuhi protokol
kesehatan.
Ø Meminta salah satu
peserta
2.
Apersepsi
Ø Meminta murid meperhatikan video mengenai proses makan memakan pada suatu ekosistem.( Sumber Video
Apabila di sekolah tidak tersedia fasilitas LCD
proyektor maka video dapat diganti dengan gambar :
Ø Mengarahkan peserta didik untuk memahami antara komponen
biotik pada suatu ekosistem terjadi peristiwa makan dan dimakan.
B.
Kegiatan
Pembelajaran (Durasi 160 Menit)
1.
Peserta
didik mencermati kembali hasil pekerjaanya pada LKPD 1.
2.
Peserta
didik mengerjakan lembar kerja peserta didik (LKPD) 2. Pada LKPD 2 peserta
didik akan melakukan dua kegiatan yaitu :
a.
Peserta
didik mengelompokkan komponen biotik ke dalam produsen, konsumen, pengurai dan
detritivor.
b. Peserta didik membuat jaring-jaring makanan sesuai dengan pengelompokkan komponen
c. Mengamati manfaat dan dampak kerusakan ekosistem.
3.
Guru
mendampingi peserta didik dalam mebuat tabel serta jaring-jaraing makanan.
C.
Penutup (Durasi 10 Menit)
Ø
Peserta
didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
Ø
Guru
meminta peserta didik menyampaikan perasaanya selama mengikuti pembelajaran.
Ø
Peserta
didik menyampaikan salam penutup
Ø
Guru
mengingatkan agar peserta didik tetap mengikuti protokol kesehatan.
12.
Penilaian
a.
LKPD
observasi
b.
Tulis
soal terlapir
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pertemuan Ke-2
Nama: |
Hari : |
Kelas: |
Tanggal: |
JARING MAKANAN
Setelah
mengelompokan komponen biotik buatlah jarring-jaring makanan (rantai makanan)
berdasarkan komponen biotik yang kalian temukan
JARING
MAKANAN |
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pertemuan Ke-2A
Nama: |
Hari : |
Kelas: |
Tanggal: |
Instraksi antar
organisme
Setelah kalian mengelompokan komponen ekosistem serta membuat jarring-jaring
makanan, sekarang saatnya kalian melakukan analisis mengenai intraksi yang
mungkin terjadi pada organisme dalam ekosistem yang kalian amati . Untuk
mempermudah kalian bekerja silakan lakukan langkah berikut:
Ø Perhatikan dengan baik pengelompokan komponen biotik
dan jarring-jaring makanan
Ø Analisislah intraksi antar oganisme yang mungkin
terjadi pada komponen biotik
Ø Kelompok intraksi yang terjadi apakah termasuk
kedalam predasi , netral, parasitisme, komensalisme dan motualisme
Predasi |
Netral |
Parasitisme |
Komensalisme |
Motoalisme |
|
Rubrik Penialian Pertemuan Ke-2
Rubrik Penilaian Pengelompokkan Komponen Biotik
No |
Kriteria |
Skor |
1 |
Meletakkan
produsen pada kolom produsen |
1 |
2 |
Meletakkan
konsumen pada kolom konnsumen |
1 |
3 |
Meletakkan Pengurai pada kolom pengurai |
1 |
4 |
Meletakkan detritivor pada kolom detritivor |
1 |
|
Total |
4 |
Nilai : Jumlah Skor x 100
4
Rubrik
Penilaian Jaring-Jaring/Rantai Makanan
No |
Kriteria |
|
Skor |
Bobot |
1 |
Isi 1. Menuliskan minimal dua alternatif jaring-jaring makanan (Catatan : apabila peserta didik tidak memungkinkan
membuat jaring-jaring makanan maka sesuikan kriteria penilaian) 2. Peristiwa
makan dan dimakan benar |
Semua kriteria terpenuhi |
4 |
4 |
Satu kriteria terpenuhi |
2 |
|||
2 |
Tampilan 1.
Gambar jelas 2.
Posisi gambar,
tanda panah dan tulisan sesuai pada tempatnya. 3.
Gambar,
tulisan serta tanda panah dapat dibaca/dilihat dengan jelas 4.
Keterangan
yang berupa tulisan dijabarkan secara efektif dan efisien. |
Semua kriteria terpenuhi |
4 |
3 |
Tiga kriteria terpenuhi |
3 |
|||
Dua kriteria terpenuhi |
2 |
|||
Satu kriteria terpenuhi |
1 |
|||
3 |
Ketepatan waktu |
Tepat waktu |
4 |
2 |
Terlambat 1 hari |
3 |
|||
Terlambat 2 hari |
2 |
|||
Terlambat 3 hari |
1 |
Nilai Jaring-jaring/rantai makanan : Jumlah Skor x Bobot X 100
40
Tabel Perkembangan Peserta Didik
No. |
Kriteria |
Perkembangan |
||
Sudah |
Mulai |
Belum |
||
1 |
Mampu menempatkan
produsen, konsumen, pengurai dan detritivor pada kolom yang benar |
Semua kriteria terpenuhi |
Hanya dua kriteria
terpenuhi |
Hanya satu kriteria
terpenuhi |
2 |
Mampu mempresentasikan, bertanya, memberikan sara
dan pernyataan dengan baik |
|||
3 |
Mampu membuat jaring-jaring makanan |
|||
4 |
Mampu memahami aliran energi pada jaring-jaring makanan dan piramida
energi. |
·
Peserta
didik yang sudah berkembang dan
perkembangannya melampaui dapat
diberikan aktivitas tambahan dengan membaca materi untuk peserta didik dengan
pencapaian tinggi (materi terlampir) ·
Peserta
didik yang belum berkembang dan mulai berkembang dapat diberikan pendampingan
kembali oleh guru maupun tutor sebaya. |
Catatan : Peserta didik dikatakan perkebangannya
melampaui teman sejawatnya apabila peserta didik telah melampaui kriteria yang
ditargetkan misalnya : peserta didik mampu mengidentifikasi jenis jaring-jaring
makanan. Apakah jaring-jaring makanan tersebut dapat ditemukan pada ekosistem
pantai, sungai, kebun atau yang lainnya.
Tindak Lanjut
Penialian
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
Malang :………….juli 2022
Guru IPA
FATHUL ULUM
0 $type={blogger}:
Posting Komentar