This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

MODUL AJAR IPAS SMK KELAS X BAB X.1.3.a,b,c

 



MODUL AJAR IPAS

SMK KELAS X

BAB X.1.3.a,b,c

 

1.        INFORMASI PERANGKAT AJAR

Institusi                  : SMK AL-KHOZINI            

Tahun disusun        : 2022

Jenjang sekolah      : SMK

Kelas                      : X (sepuluh)

Aspek                     : X.1.3. Pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup

(limbah dan polusi)

Alokasi waktu       : 12 JP (12 X 45 menit)  3 X TM

 

2.    TUJUAN PEMBELAJARAN                  

a.    Fase CP  : E

b.  CP          : 3. Pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup

c.  Tujuan Pembelajaran  :

1.        Mendeskripsikan konsep Pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup

2.        Menganalisis pertumbuhan dan perkembangan embrio tumbuhan dan hewan

3.        Mengembangkan penangkaran pembibitan

4.        Membeiakan secara vegetative (cangkok, tempel/ okulasi, stolon)

5.        Membuat ZPT

6.        Menguji ZPT pada media hidroponik

 

        Elemen Capaian Pembelajaran : Pemahaman sains dan Keterampilan Sains

     d. Kata kunci       : Pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup

e. Pengetahuan dan/atau keterampilan atau kompetensi apa yang perlu dimiliki siswa sebelum mempelajari topik ini: Pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup

 

3.    PROFIL BELAJAR PANCASILA

a.         Beriman, Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia

Siswa senantiasa ingat kepada Allah di setiap kegiatan/tindakan dan menjaga akhlaknya agar senantiasa mulia

b.         Bergotong royong

Siswa dalam melaksanakan praktik mengamati ciri-ciri umum mahluk hidup yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari bekerja dalam kelompok sehingga pekerjaan tersebut dilakukan secara bergotong royong

c.         Kreatif

Siswa menuangkan ide atau gagasan ketika merencanakan observasi Pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup

d.         Bernalar Kritis

Siswa melakukan langkah-langkah praktik secara benar dan mampu melakukan tindakan yang tepat dan cepat apabila ada yang salah dalam proses pelaksanaan praktik Guru memberikan bimbingan.

 

4.    SARANA PEMBELAJARAN

a. Komputer/laptop/HP, jaringan internet, data internet,

b. Alat Praktik    : Terlampir

c.  Bahan Praktik : Terlampir

5.      TARGET SISWA

6.      JUMLAH SISWA

Semua siswa dalam kelas, tanpa perbedaan kemampuan akademis dan tanpa perbedaan tipikal siswa

Sebanyak …….siswa dalam satu kelas, terbagi menjadi ……. kelompok

 

 

7.    KETERSEDIAAN MATERI

a. Pengayaan untuk siswa berpencapaian tinggi: YA / TIDAK

b. Alternatif penjelasan, metode, atau aktivitas, untuk siswa yang sulit   memahami konsep: YA / TIDAK

       

8.    MODEL  PEMBELAJARAN

PTM dengan model pembelajaran Diskusi, Tanya Jawab dan Observasi, praktikum.

9.    MATERI  AJAR   ALAT  DAN   BAHAN

a.         Materi Ajar: terlampir

Biologi x sma :………………………

 

10.          PEMBELAJARAN BERMAKNA

Peserta didik akan memahami bahwa mereka hidup pada suatu sistem, dimana antara komponen satu dengan komponen lainnya saling berkaitan.

 

11. Pertemuan Ke-1 PTM   4 X 45” = 180”

 

A.  Pembukaan (Durasi 10 Menit)

1.    Menyapa dan Mempersiapkan Peserta Didik

Ø Memberikan salam pembuka kepada peserta didik

Ø Mengecek kehadiran peserta didik

Ø Mengecek kesiapan ruangan, kesiapan peserta didik untuk belajar serta memastikan  bahwa peserta didik dan guru mematuhi protokol kesehatan.

 

2.    Apersepsi

Ø  Peserta didik diminta untuk mencermati tayangan pada  berikut :

ü   Modul  ajar

Ø  Guru memberikan pemahaman bahwa pertumbuhan tanaman dipengaruhi oleh factor dalam dan luar

Ø  Guru memberikan pemahaman bahwa pertemuan kali ini kita akan fokus untuk menciptakan karya (diluar bioteknologi)  untuk mengembangkan pertumbuhan tanaman dan hewan. Karya dapat ditampilkan dalam bentuk poster, infografis, video dan lainnya.

 

B.  Kegiatan Pembelajaran  (Durasi 160 Menit)

Ø  Peserta didik membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5 orang.  variasi kelompok berdasarkan sarana yang dimiliki atau kemampuan kognitif peserta didik

Ø  Peserta didik mencermati kembali materi  yang telah di buat pada modul sebelumnya.

Ø  Peserta didik mencermati pernyataan masalah yang dibuat pada masing-masing..

Ø  Peserta didik mencermati kembali penyebab-penyebab yang mempempengaruhi pertumbuhan mahluk hidup.

Ø  Peserta didik mengisi lembar kerja peserta didik (LKPD) yang telah disediakan  (LKPD terlampir).

 

C.Penutup (Durasi 10 Menit)

Ø  Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari.

Ø  Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.

Ø  Guru meminta peserta didik menyampaikan perasaanya selama mengikuti pembelajaran.

Ø  Guru menyampaikan bahwa hasil pekrjaan peserta didik akan di presentasikan pada pertemuan berikutnya. Peserta didik dapat memilih media presentasi menggunakan ppt, kertas manila dan lainnya sesuai kemampuan, bakat dan minat.

Ø  Peserta didik menyampaikan salam penutup

Ø  Guru mengingatkan agar peserta didik tetap mengikuti protokol kesehatan

 

12.  Pertemuan Ke-2 PTM   4 X 45” = 180”

A.      Pembukaan (Durasi 10 Menit)

a.    Menyapa dan Mempersiapkan Peserta Didik

Ø Memberikan salam pembuka kepada peserta didik

Ø Mengecek kehadiran peserta didik

Ø Mengecek kesiapan ruangan, kesiapan peserta didik untuk belajar serta memastikan  bahwa peserta didik dan guru mematuhi protokol   kesehatan.

 

b.    Apersepsi

Ø Peserta didik diminta untuk mencermati tayangan pada link berikut :

ü Modul  ajar

Ø Guru memberikan pemahaman bahwa pertumbuhan tanaman metode cangkok dan okulasi

Ø Guru memberikan pemahaman bahwa pertemuan kali ini kita akan fokus untuk pertumbuhan tanaman metode cangkok dan okulasi. Karya dapat ditampilkan dalam bentuk poster, infografis, video dan lainnya.

 

B.       Kegiatan Pembelajaran  (Durasi 160 Menit)

Ø Peserta didik membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5 orang.  variasi kelompok berdasarkan sarana yang dimiliki atau kemampuan kognitif peserta didik

Ø Peserta didik mencermati kembali materi  yang telah di buat pada modul sebelumnya.

Ø Peserta didik mencermati pernyataan masalah yang dibuat pada masing-masing..

Ø Peserta didik mencermati kembali penyebab-penyebab yang mempempengaruhi pertumbuhan tanaman metode cangkok dan okulasi

Ø Peserta didik mengisi lembar kerja peserta didik (LKPD) yang telah disediakan  (LKPD terlampir).

Ø Peserta didik mempraktekan mencangkok dan okulasi yang berpedoman pada LKPD disertai bimbingan guru

 

C.      Penutup (Durasi 10 Menit)

Ø  Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari.

Ø  Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.

Ø  Guru meminta peserta didik menyampaikan perasaanya selama mengikuti pembelajaran.

Ø  Guru menyampaikan bahwa hasil pekrjaan peserta didik akan di presentasikan pada pertemuan berikutnya.

Ø  Peserta didik menyampaikan salam penutup

Ø  Guru mengingatkan agar peserta didik tetap mengikuti protokol kesehatan

13.  Pertemuan Ke-3 PTM   4 X 45” = 180”

A.    Pembukaan (Durasi 10 Menit)

a.    Menyapa dan Mempersiapkan Peserta Didik

Ø  Memberikan salam pembuka kepada peserta didik

Ø  Mengecek kehadiran peserta didik

Ø  Mengecek kesiapan ruangan, kesiapan peserta didik untuk belajar serta memastikan  bahwa peserta didik dan guru mematuhi protocol  kesehatan.

 

b.    Apersepsi

Ø  Peserta didik diminta untuk mencermati tayangan pada link berikut :

ü  Modul  ajar

Ø  Guru memberikan pemahaman bahwa pertumbuhan tanaman media hidroponik

Ø  Guru memberikan pemahaman bahwa pertemuan kali ini kita akan fokus untuk menciptakan karya menanam tanaman dengan media hidroponik.

 

B.     Kegiatan Pembelajaran  (Durasi 160 Menit)

Ø Peserta didik membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5 orang.  variasi kelompok berdasarkan sarana yang dimiliki atau kemampuan kognitif peserta didik

Ø Peserta didik mencermati kembali materi  yang telah di buat pada modul sebelumnya.

Ø Peserta didik mencermati pernyataan masalah yang dibuat pada masing-masing..

Ø Peserta didik mencermati kembali penyebab-penyebab yang mempempengaruhi pertumbuhan tanaman dengan media hidroponik

Ø Peserta didik mengisi lembar kerja peserta didik (LKPD) yang telah disediakan  (LKPD terlampir).

Ø Peserta didik mempraktekan menanam tanaman dengan media hidroponik yang berpedoman pada LKPD disertai bimbingan guru

 

C.   Penutup (Durasi 10 Menit)

 

Ø Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari.

Ø Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.

Ø Guru meminta peserta didik menyampaikan perasaanya selama mengikuti pembelajaran.

Ø Guru menyampaikan bahwa hasil pekrjaan peserta didik akan di presentasikan pada pertemuan berikutnya. Peserta didik dapat memilih media presentasi menggunakan ppt, kertas manila dan lainnya sesuai kemampuan, bakat dan minat.

Ø Peserta didik menyampaikan salam penutup

Ø Guru mengingatkan agar peserta didik tetap mengikuti protokol kesehatan


Rubrik Penilaian Pertemuan Ke-1

Rubrik Penilaian LKPD

No

Kriteria

 

Skor

1

Paparan Solusi

1.      Dipaparkan secara sistematis

2.      Di dasari fakta

3.      Bisa memahami pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan

4.      Bisa dilaksanakan

 

Semua kriteria terpenuhi

4

Tiga  kriteria terpenuhi

3

Dua kriteria terpenuhi

2

Satu kriteria terpenuhi

1

2

 Rancangan awal solusi

1.      Rancangan awal memuat seluruh kegiatan yang akan dilakukan

2.      Melibatkan pihak luar mislanya (warga sekolah, warga rumah dan lainnya)

 

Semua kriteria terpenuhi

2

Satu kriteria terpenuhi

1

 

Total Skor

6

             

Nilai Workheet : Jumlah Skor      X 100

                                    6

 

Tabel Perkembangan Peserta Didik          

No

Kriteria

Perkembangan

Belum

Mulai

Sudah

1

Mampu menentukan solusi untuk permasalahan lingkungan.

Memenuhi 1 kriteria

Memenuhi 2 kriteria

Memenuhi semua kriteria

2

Mampu menjabarkan kebutuhan untuk membuat karya atau produk

3

Mampu menjabarkan racangan awal produk atau karya

 

Lembar Refleksi Kegiatan Pembelajaran Modul Ajar

 

Tabel Refleksi Diri Peserta Didik Modul

No.

Pertanyaan

Ya

Tidak

1

Saya mampu membuat perencanaan solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan ……………………

 

 

2

Saya mampu menciptakan solusi untuk mengatasi permasalahan ………………….

 

 

3

Saya mampu mengkomunikasikan solusi untuk mengatasi permasalahan ………………

 

 

 

 

 

 

Tabel Refleksi Diri Guru Modul

No.

Pertanyaan

Ya

Tidak

1

Kegiatan pembelajaran berjalan sesuai waktu yang telah ditentukan

 

 

2

Metode atau model yang digunakan pada proses pembelajaran modul 1 sesuai dengan topik

 

 

3

Tujuan pembelajaran tercapai

 

 

4

Terdapat tantangan dalam melaksanakan proses pembelajaran (jika ada silahkan dijabarkan)

a…………………………………………………………………

 

b…………………………………………………………………

 

c…………………………………………………………………

 

 

 

5

Peserta didik merasa senang dan nyaman dalam mengikuti pembelajaran (uraikan alasannya baik jawabannya Ya atau Tidak)

a…………………………………………………………………

 

b………………………………………………………………

 

 

 

 

Catatan : Peserta didik dikatakan perkebangannya melampaui teman sejawatnya apabila peserta didik memiliki capaian diluar kriteria yang ditargetkan misalnya : peserta didik mampu memprediksi kelemahan dan kelebihan solusi yang ditawarkan.

 

 Tindak Lanjut Penilaian

·         Peserta didik yang sudah berkembang dan  perkembangannya  melampaui dapat diberikan aktivitas tambahan dengan membantu guru untuk menjadi tutor sebaya.

·         Peserta didik yang belum berkembang dan mulai berkembang dapat diberikan pendampingan Kembali oleh guru maupun tutor sebaya.

 

 

MALANG 25 JULI 2022

GURU IPA

 

 

FATHUL ULUM

 

 

 

 

 

MATERI AJAR 1

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA TUMBUHAN

         

MATERI DAN LKPD

BAB X.1.3.A.

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA TUMBUHAN

 

Pertumbuhan adalah :

Ø  Peristiwa perubahan biologi yang terjadi pada makhluk hidup yang berupa pertambahan ukuran (volume, massa, dan tinggi)

Ø  Bersifat irreversibel (tidak kembali ke asal)

Ø  Dapat diukur serta dinyatakan secara kuantitatif.

Alat untuk mengukur pertumbuhan memanjang suatu tanaman, yang terdiri atas sistem kontrol yang dilengkapi jarum penunjuk pada busur skala atau jarum yang dapat menggaris pada silinder pemutar. disebut Auksanometer

 

Perkembangan adalah:

Ø  Proses menuju tercapainya kedewasaan atau tingkat yang lebih sempurna (kompleks).

Ø  Sel-sel berdiferensiasi.

Ø  Peristiwa diferensiasi menghasilkan perbedaan yang tampak pada struktur dan fungsi masing-masing organ, sehingga perubahan yang terjadi pada organisme tersebut semakin kompleks.

Ø  Proses ini berlangsung secara kualitatif.

Ø  Bersifat Irreversible

 

TAHAP-TAHAP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA TUMBUHAN

TAHAP AWAL PERTUMBUHAN

1.      Mula-mula biji melakukan imbibisi atau penyerapan air sampai ukuran bijinya bertambah dan menjadi lunak.

2.      Saat air masuk ke dalam biji, enzim-enzim mulai aktif sehingga menghasilkan berbagai reaksi kimia.

3.      Kerja enzim ini antara lain, mengaktifkan metabolisme di dalam biji dengan mensintesis cadangan makanan sebagai persediaan cadangan makanan pada saat perkecambahan berlangsung.

    




         


CONTOH PERITIWA PERKECAMBAHAN

1.    Perkecambahan terjadi karena pertumbuhan radikula (calon akar) dan pertumbuhan plumula(calon batang).

2.    Faktor yang memengaruhi perkecambahan adalah air, kelembapan, oksigen, dan suhu.

3.    Perkecambahan biji ada dua macam, yaitu:

a. Tipe perkecambahan di atas tanah (Epigeal)

Hipokotil memanjang sehingga plumula dan kotiledon ke permukaan tanah dan kotiledon melakukan fotosintesis selama daun belum terbentuk.

Contoh: perkecambahan kacang hijau.

 

 

b. Tipe perkecambahan di bawah tanah (hipogeal)

 

Epikotil memanjang sehingga plumula keluar menembus kulit biji dan muncul di atas permukaan tanah, sedangkan kotiledon tertinggal dalam tanah. Contoh: perkecambahan kacang kapri (Pisum sativum).

 

PERTUMBUHAN PRIMER

1.        Merupakan pertumbuhan yang terjadi pada meristem primer.

2.        Pertumbuhan ini disebabkan oleh kegiatan titik tumbuh primer yang terdapat pada ujung akar dan ujung batang dimulai sejak tumbuhan masih berupa embrio.

3.        Ciri-ciri jaringan meristem ini adalah mempunyai dinding sel yang tipis, bervakuola kecil atau tidak bervakuola, sitoplasma pekat dan sel-selnya belum berspesialisasi.

4.        Jaringan meristem ada dua jenis, yaitu:

a. Jaringan meristem apikal

Jaringan ini terdapat pada ujung akar dan batang, yang berfungsi untuk mewujudkan pertumbuhan primer.

b. Jaringan meristem lateral

Jaringan ini dapat membentuk pertumbuhan sekunder. Contoh yang sering kita temukan adalah kambium, jaringan ini dapat menumbuhkan pertumbuhan lateral atau menambah diameter dari bagian tumbuhan.

Kambium didapatkan pada tumbuhan dikotil dan Gymnospermae.

Contoh yang lain adalah kambium gabus yang terdapat pada batang dan akar tumbuhan berkayu atau pada bagian tumbuhan yang kena luka.

PERTUMBUHAN TERMINAL

Terjadi pada ujung akar dan ujung batang tumbuhan berbiji yang aktif tumbuh. Terdapat 3 daerah (zona) pertumbuhan dan perkembangan.

a. Daerah pembelahan (daerah meristematik)

Merupakan daerah yang paling ujung dan merupakan tempat terbentuknya sel-sel baru. Sel-sel di daerah ini mempunyai inti sel yang relatif besar, berdinding tipis, dan aktif membelah diri.

b. Daerah pemanjangan

Merupakan daerah hasil pembelahan sel-sel meristem. Sel-sel hasil pembelahan tersebut akan bertambah besar ukurannya sehingga menjadi bagian dari daerah perpanjangan. Ukuran selnya bertambah beberapa puluh kali dibandingkan sel-sel meristematik.

c. Daerah diferensiasi

Merupakan daerah yang terletak di bawah daerah pemanjangan. Sel-sel di daerah ini umumnya mempunyai dinding yang menebal dan beberapa di antaranya mengalami diferensiasi menjadi epidermis, korteks, dan empulur. Sel yang lain berdiferensiasi menjadi jaringan parenkim, jaringan penunjang, dan jaringan pengangkut (xilem dan floem).


PERTUMBUHAN SEKUNDER

1.    Pertumbuhan ini terjadi pada tumbuhan Dikotiledon dan Gymnospermae.

2.    Pertumbuhan sekunder disebabkan oleh kegiatan meristem sekunder, yang meliputi:

a. Kambium gabus (felogen)

Pertumbuhan felogen menghasilkan jaringan gabus. Jaringan gabus berperan sebagai pelindung, yaitu menggantikan fungsi epidermis yang mati dan terkelupas, juga merupakan bagian dari jaringan sekunder yang disebut periderm.

b. Kambium fasis (vasikuler)

Berperan membentuk xilem sekunder ke arah dalam dan membentuk floem sekunder ke arah luar, selain itu juga menghasilkan sel-sel hidup yang berderet-deret menurut arah jari-jari dari bagian xilem ke bagian floem yang disebut jari-jari empulur.

Bagian xilem lebih tebal daripada bagian floem karena kegiatan kambium ke arah dalam lebih besar daripada kegiatan ke arah luar.

 

c. Kambium interfasis (intervasikuler)

Merupakan kambium yang membentuk jari-jari empulur. Tumbuhan monokotil yang tidak mempunyai kambium, tumbuh dengan cara penebalan. Tetapi pada umumnya, pertumbuhan terjadi karena adanya peningkatan banyaknya dan ukuran sel. Pertumbuhan pada tumbuhan dikotil yang berkayu menyangkut kedua aktivitas tersebut, sel-sel baru yang kecil yang dihasilkan kambium dan meristem apikal, kemudian sel-sel ini membesar dan berdifferensiasi. 

 

 

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN

 

A.      Faktor Internal

Faktor internal yang mempengaruhi pertumbuhan, yaitu gen dan hormon.

1). Genetik

Setiap jenis tumbuhan membawa gen untuk sifat-sifat tertentu, seperti berbatang tinggi atau berbatang rendah. Tumbuhan yang mengandung gen yang baik dan didukung lingkungan yang sesuai akan memperlihatkan pertumbuhan yang baik pula.

            2). Hormon

Hormon tumbuhan ditemukan oleh F. W. Went pada tahun 1928. Hormon berasal dari bahasa Yunani hormalin yang berarti penggiat. Hormon tumbuhan disebut fitohormon.

Fitohormon tersebut, yaitu:

1.    Auksin atau AIA (Asam Indol Asetat)

Sifat-sifat ausin

Ø Auksin merupakan senyawa asam asetat dengan gugusan indol dan derivat-derivatnya.

Ø Pertama kali auksin ditemukan pada ujung koleoptil kecambah gandum (Avena sativa).

Ø Pusat pembentukan auksin adalah ujung koleoptil (ujung tumbuhan).

Ø Jika terkena sinar matahari, auksin akan berubah menjadi senyawa yang menghambat pertumbuhan. Hal inilah yang menyebabkan batang akan membelok ke arah datangnya cahaya, karena bagian yang tidak terkena cahaya pertumbuhannya lebih cepat daripada bagian yang terkena cahaya.

Ø Fungsi auksin, yaitu:

1)      Merangsang perpanjangan sel.

2)      Merangsang pembentukan bunga dan buah.

3)      Merangsang pemanjangan titik tumbuh.

4)      Mempengaruhi pembengkokan batang.

5)      Merangsang pembentukan akar lateral.

6)      Merangsang terjadinya proses diferensiasi.

 

2.    Gibberellin

Ø Gibberellin merupakan hormon yang pertama kali ditemukan pada jamur Gibberella fujikuroii yang parasit pada tumbuhan padi. Ditemukan oleh Kuroshawa pada tahun 1926.

Ø Fungsi gibberellin, yaitu:

1)      Merangsang pembelahan sel kambium.

2)      Merangsang pembungaan lebih awal sebelum waktunya.

3)      Merangsang pembentukan buah tanpa biji (partenokarpi).

4)      Merangsang tanaman tumbuh sangat cepat sehingga mempunyai ukuran raksasa.

 

3.      Sitokinin

Ø  Sitokinin merupakan kumpulan senyawa yang fungsinya mirip satu sama lain.

Ø  Fungsi sitokinin yaitu:

1)    Merangsang proses pembelahan sel.

2)   Menunda pengguguran daun, bunga, dan buah.

3)   Mempengaruhi pertumbuhan tunas dan akar.

4)   Meningkatkan daya resistensi terhadap pengaruh yang merugikan, seperti suhu rendah, infeksi virus, pembunuh gulma, dan radiasi.

5)    Menghambat (menahan) menguningnya daun dengan jalan membuat kandungan protein dan klorofil yang seimbang dalam daun (senescens).

 

4.     Gas Etilen

Ø Gas etilen merupakan hormon tumbuh yang dalam keadaan normal berbentuk gas.

Ø Fungsi gas etilen, yaitu:

1)      Membantu memecahkan dormansi pada tanaman, misalnya pada ubi dan kentang.

2)      Mendukung pematangan buah.

3)      Mendukung terjadinya abscission (pelapukan) pada daun.

4)      Mendukung proses pembungaan.

5)      Menghambat pemanjangan akar pada beberapa spesies tanaman dan dapat menstimulasi pemanjangan batang.

6)      Menstimulasi perkecambahan.

7)      Mendukung terbentuknya bulu-bulu akar.

 

5.    Asam Absisat (ABA)

Ø  Asam absisat merupakan hormon tumbuh yang hampir selalu menghambat pertumbuhan, baik dalam bentuk menurunkan kecepatan maupun menghentikan pembelahan dan pemanjangan sel bersama-sama.

Ø  Fungsi asam absisat, yaitu:

1)        Menghambat perkecambahan biji.

2)        Mempengaruhi pembungaan tanaman.

3)        Memperpanjang masa dormansi umbi-umbian.

4)        Mempengaruhi pucuk tumbuhan untuk melakukan dormansi.

 

6.    Kalin

Ø  Kalin merupakan hormon yang mempengaruhi pembentukan organ.

Ø  Berdasarkan organ yang dipengaruhinya, kalin dibedakan atas:

1)    Rhizokalin, mempengaruhi pembentukan akar.

2)    Kaulokalin, mempengaruhi pembentukan batang.

3)    Filokalin, mempengaruhi pembentukan daun.

4)    Antokalin, mempengaruhi pembentukan bunga.

 

7.     Asam Traumalin

Ø Asam traumalin disebut sebagai hormon luka/kambium karena hormon ini berperan apabila tumbuhan mengalami kerusakan jaringan.

Ø  Jika terluka, tumbuhan akan merangsang sel-sel di daerah luka menjadi bersifat meristem lagi sehingga mampu mengadakan pembelahan sel untuk menutup luka tersebut. Kemampuan itu disebut restitusi atau regenerasi.

Ø  Peristiwa ini dapat terjadi karena adanya asam traumalin (asam traumalat).

Ø  Perlu Anda ketahui selain hormon, vitamin dapat berpengaruh dalam pertumbuhan dan perkembangan, misalnya vitamin B12, vitamin B1, Vitamin B6, vitamin C (asam askorbat). Vitamin-vitamin tersebut berfungsi dalam proses pembentukan hormon dan berfungsi sebagai koenzim.

 

B.  Faktor Lingkungan (Eksternal)

Faktor luar yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan adalah faktor lingkungan, misalnya nutrisi, air, cahaya, suhu, dan kelembapan.

a. Nutrisi

Nutrisi terdiri atas unsur-unsur atau senyawa-senyawa kimia sebagai sumber energi dan sumber materi untuk sintesis berbagai komponen sel yang diperlukan selama pertumbuhan.

Nutrisi umumnya diambil dari dalam tanah dalam bentuk ion dan kation, sebagian lagi diambil dari udara.

Ø  Unsur-unsur yang dibutuhkan dalam jumlah yang banyak disebut unsur makro (C, H, O, N, P, K, S, Ca, Fe, Mg).

Ø   Adapun unsur-unsur yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit disebut unsur mikro (B, Mn, Mo, Zn, Cu, Cl). Jika salah satu kebutuhan unsur-unsur tersebut tidak terpenuhi, akan mengakibatkan kekurangan unsur yang disebut defisiensi. defisiensi mengakibatkan pertumbuhan menjadi terhambat.

 

b. Air

Ø  Kekurangan air pada tanah menyebabkan terhambatnya proses osmosis. Proses osmosis akan terhenti atau berbalik arah yang berakibat keluarnya materi-materi dari protoplasma sel-sel tumbuhan, sehingga tanaman kering dan mati.

Ø  Fungsi air antara lain:

1.    Untuk fotosintesis.

2.    Mengaktifkan reaksi-reaksi enzim atau sebagai medium reaksi enzimatis

3.    Membantu proses perkecambahan biji.

4.    Menjaga (mempertahankan kelembapan).

5.    Untuk transpirasi.

6.    Meningkatkan tekanan turgor sehingga merangsang pembelahan sel.

7.    Menghilangkan asam absisi.

8.    Sebagai pelarut, air juga memengaruhi kadar enzim dan substrat sehingga secara tidak langsung memengaruhi laju metabolisme.

c. Cahaya

Ø   Cahaya mutlak diperlukan dalam proses fotosintesis.

Ø   Cahaya secara langsung berpengaruh terhadap pertumbuhan setiap tanaman. Pengaruh cahaya secara langsung dapat diamati dengan membandingkan tanaman yang tumbuh dalam keadaan gelap dan terang.

Ø   Pada keadaan gelap, pertumbuhan tanaman mengalami etiolasi yang ditandai dengan pertumbuhan yang abnormal (lebih panjang), pucat, daun tidak berkembang, dan batang tidak kukuh.

Ø   Sebaliknya, dalam keadaan terang tumbuhan lebih pendek, batang kukuh, daun berkembang sempurna dan berwarna hijau.

Ø   Dalam fotosintesis, cahaya berpengaruh langsung terhadap ketersediaan makanan.

Ø   Tumbuhan yang tidak terkena cahaya tidak dapat membentuk klorofil, sehingga daun menjadi pucat.

Ø   Panjang penyinaran mempunyai pengaruh yang spesifik terhadap pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.

Ø   Panjang periode cahaya harian disebut fotoperiode, sedangkan reaksi tumbuhan terhadap fotoperiode yang berbeda panjangnya disebut fotoperiodisme.

 

Berdasarkan persyaratan panjang hari untuk pembungaan, sebagian besar tumbuhan dibagi menjadi tiga kelompok utama, yaitu:

a)    Tumbuhan berhari pendek (short day plant)

Berbunga jika panjang hari kurang dari periode kritis tertentu,

 Misalnya:  kastuba (Euphorbia pulcherima), ubi jalar (Ipomoea batatas), nanas (Ananas commosus), dan padi (Oryza sativa). Panjang hari harus kurang dari 11 hingga 15 jam agar pembungaan terjadi.

b)   umbuhan hari panjang (long day plant)

Berbunga jika panjang hari lebih dari periode kritis tertentu,

misalnya : tanaman  jarak (Rhicinus communis) dan kentang (Solanum tuberosum) selada, gandum, dan bayam. Panjang hari harus lebih dari 12 hingga 14 jam agar pembungaan terjadi.

c)    Tumbuhan hari netral (day-neutral plant).

Berbunga tidak tergantung pada panjang hari, dapat menghasilkan bunga kapan saja dalam setahun,

Misalnya:  jagung (Zea mays). kapas, mawar , tumbuhan sepatu, tomat, cabe,dan bunga matahari.

 

d)   Tumbuhan hari sedang Tumbuhan ini berbunga pada saat lama siang sekitar 12 jam. Contoh: teb d.

 

d. Suhu

Ø Suhu berpengaruh terhadap fisiologi tumbuhan, antara lain memengaruhi kerja enzim.

Ø Suhu yang terlalu tinggi atau terlalu rendah akan menghambat proses pertumbuhan.

Ø Fotosintesis pada tumbuhan biasanya terjadi di daun, batang, atau bagian lain tanaman.

Ø Suhu optimum (15°C hingga 30°C) merupakan suhu yang paling baik untuk pertumbuhan.

Ø Suhu minimum (± 10°C) merupakan suhu terendah di mana tumbuhan masih dapat tumbuh.

Ø Suhu maksimum (30°C hingga 38°C) merupakan suhu tertinggi dimana tumbuhan masih dapat tumbuh.

 

e. Kelembapan

v  Kelembapan ada kaitannya dengan laju transpirasi melalui daun karena transpirasi akan terkait dengan laju pengangkutan air dan unsur hara terlarut.

v  Bila kondisi lembap dapat dipertahankan maka banyak air yang diserap tumbuhan dan lebih sedikit yang diuapkan.

v  Kondisi ini mendukung aktivitas pemanjangan sel sehingga sel-sel lebih cepat mencapai ukuran maksimum dan tumbuh bertambah besar.

v  Pada kondisi ini, faktor kehilangan air sangat kecil karena transpirasi yang kurang.

v  Adapun untuk mengatasi kelebihan air, tumbuhan beradaptasi dengan memiliki permukaan helaian daun yang lebar.

 

f.     Oksigen

  Untuk pemecahan senyawa bermolekul besar (saat respirasi) agar menghasilkan energi yang diperlukan pada proses pertumbuhan dan perkembangannya.

 

HUBUNGAN AUKSIN DENGAN BEBERAPA PROSES FISIOLOGI

 

Secara fisiologis fitohormon berpengaruh terhadap berbagai proses, di antaranya adalah :

1)      Proses pengembangan sel

Heteroauksin yang dihasilkan di bagian ujung memengaruhi sintesis enzim tertentu yang kelak akan diteruskan menuju dinding sel dan menyebabkan dinding sel menjadi elastis. Dengan adanya sifat elastis tersebut, dinding sel mudah merenggang dan dapat tumbuh memanjang.

2)      Fototropisme

Yaitu peristiwa pergerakan tumbuhan kearah datang nya cahaya. Cholodny dan Went menjelaskan bahwa cahaya menyebabkan terjadinya pemindahan auksin secara lateral dari bagian yang terkena cahaya menuju bagian yang tidak terkena cahaya. Dengan demikian, jumlah auksin di bagian yang gelap akan lebih banyak daripada di bagian yang terang.

3)      Geotropisme

Adalah pengaruh gravitasi bumi terhadap pertumbuhan yang terdiri atas : geotropisme positif (gerak akar yang mengarah ke pusat bumi) dan geotropism negative (menjauhi pusat bumi).

4)      Auksin dan pembentukan akar

Pemakaian berbagai macam fitohormon pada stek daun, batang dan akar dapat merangsang pertumbuhan akar, seperti auksin Indole Butirat, dan asam Naftalena Asetat.

5)      Partenokarpi

Adalah pembentukan buah tanpa terjadi pembuahan sehingga menghasilkan buah tanpa biji, Bunga akan secara alami memproduksi hormon tumbuhan yang diperlukan untuk mengawali proses pembentukan buah. Seperti yang terjadi pada pisang, anggur tak berbiji, semangka tanpa biji, jeruk tanpa biji.

6)      Apikal dominan

Merupakan suatu gejala bahwa selama pucuk batang (tunas terminal) masih ada, pertumbuhan tunas samping (tunas lateral) akan terhambat. Kalau tunas terminal dihilangkan, tunas ketiak daun akan segera tumbuh. Pengaruh tunas pucuk (terminal) yang menekan tunas lateral disebut apikal dominan.

7)      Peluruhan

 

Peluruhan merupakan suatu proses alami yang terjadi pada bagian tumbuhan, seperti pada daun, buah, dan bunga. Peluruhan akan berlangsung karena terbentuknya suatu lapisan melintang yang sel-sel parenkimnya terpisah karena proses penuaan. Lapisan tersebut dinamakan lapisan peluruh pada tangkai daun, bunga dan buah. Jika helaian daun dipotong, tangkai daun akan meluruh karena hilangnya persediaan auksin pada daun. Akan tetapi, jika diberi auksin, peluruhan dapat dihambat

 

 

 

 

 

 

###############@@@@@@&&&&&&@@@@@@@@#############


LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN

PADA TUMBUHAN


     

Nama:..............................

Kelas :

Tujuan :

            Menganalisis pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan

 

NO

GAMBAR

NAMA

KETERANGAN  FUNGSI

 

 

1


1

 

2

 

3

 

4

 

5

 

 

 

NO

GAMBAR

NAMA

KETERANGAN FUNGSI

 

 

2

 

1

 

2

 

3

 

4

 

 

 

 

 

 

NO

GAMBAR

NAMA

KETERANGAN FUNGSI

 

 

3

 


1

 

2

 

3

 

 

 

 

 

  

 

 

NO

GAMBAR

NAMA

KETERANGAN   FUNGSI

 

 

4


1

 

2

 

3

 

4

 

5

 

 

 

6

 

 

 

 

NO

GAMBAR

NAMA

KETERANGAN  FUNGSI

 

 

5

 


1

 

2

 

3

 

4

 

5

 

 

Aamati vidio pembelajaran  tentang pertumbuhan

Jawablah pertanyaan di bawah ini :

1.        Sebutkan perbedaan pertumuhan dan perkembangan pada tumbuhan

2.        Sebutkan faktor eksternal yang dapat mempengaruhi pertumbuhan

3.        Sebutkan unsur makro yang dapat pempegaruhi pertumbuan

4.        Sebutkan hoermon yang mempengaruhi tumbuhan cepat kembang dan buah

5.        Jelaska apa yang dimaksut suhu optimum pada pertumbuhan tanaman

6.        Jelaskan fungsi kambium

7.        Pada saat gelap tumbuhan mengalami etiolasi  jelaskan apa maksudnya

  

Referensi :

        

  

      &&&&&&&&&&&&&&&&&&&#############&&&&&&&&&&&&&&&&&&&& 

 

MATERI AJAR 2

PEREKEMBANGBIAKAN VEGETATIV TANAMAN

MENCANGKOK DAN OKULASI

 

A.      MENCANGKOK

 

Proses mencangkok akan membantu memperbanyak tanaman yang sifatnya sama dengan indukan, serta menghasilkan buah yang lebih cepat.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengetahui cara mencangkok pohon mangga, yaitu:

Ø Pertama, pastikan pohon mangga yang akan dicangkok adalah jenis pohon yang berkualitas baik.

Ø Perhatikan batang pohon mangga yang dipilih, sebaiknya pilih batang yang menghasilkan buah yang banyak dan kuat saat proses pencangkokan.

Ø Pilih batang atau cabang pohon yang posisinya lurus sehingga mendapatkan sinar matahari yang cukup. Tujuannya agar proses fotosintesis berjalan dengan baik sehingga lebih cepat tumbuh akar.

Ø Usia pohon mangga dapat bervariasi.

Ø Pilih batang indukan yang sudah dewasa, setidaknya sudah berumur 2 tahun.

Selanjutnya, apa saja alat dan bahan yang diperlukan untuk mencangkok pohon mangga? Perhatikan beberapa alat dan bahan berikut ini:

v  Gunting dan pisau

v  Kompos

v  Pupuk kandang

v  Tali yang bisa digunakan untuk mengikat

v  Serabut kelapa atau plastik untuk menutup cangkokan

v  Pilih tanah yang mengandung unsur hara yang cukup

 

Berikut ini langkah-langkah sebagai cara mencangkok pohon mangga yang bisa Moms pahami, yaitu:

1.  Pilihlah batang pohon mangga yang kuat dan sehat, serta tidak terlalu tua. Sebaiknya batang yang dipilih harus berukuran kurang dari 2,5 cm, berwarna hijau cerah, serta menunjukkan tanda-tanda daun dan tunas yang sehat.

  1. Gunakan pisau yang tajam untuk mengerat batang. Perhatikan panjang luka keratan kurang lebih 10 cm. Buatlah potongan yang sejajar dan jangan sampai merusak batang di bawah.
  2. Kambium yang terdapat di batang harus benar-benar dibersihkan. Kemudian, mulailah untuk mengerok dengan menggunakan pisau di sekelilingnya untuk memastikan kambium yang ada hilang dari batang.
  3. Cobalah meraba bagian batang untuk memastikan kambium sudah hilang sepenuhnya. Jika sudah terasa kesat, kambium sudah hilang dari batang pohon.
  4. Setelah itu, diamkan batang pohon mangga selama 1 hari. Tujuannya agar batang pohon yang sudah dikerat tahan terhadap jamur dan penyakit.
  5. Pada bagian batang sudah dikerat, berikan pupuk andalan.
  6. Ambil beberapa tanah kemudian kepalkan dan balut pada bagian batang tadi hingga tertutup dengan sempurna.
  7. Saat membalut bagian batang pohon tadi, Moms bisa menggunakan plastik bening atau sabut kepala. Ikat dengan tali sampai benar-benar kencang.
  8. Pastikan keratan bagian atas berada di posisi tengah bungkusan. Tujuannya agar akar cepat tumbuh berada di posisi yang lebar dan memiliki banyak tanah.
  9. Buatlah ventilasi pada cangkokan dengan cara membuat lubang-lubang kecil dalam jumlah yang banyak pada plastik pembungkus.
  10. Sirami batang cangkokan tersebut secara rutin setiap harinya. Kira-kira membutuhkan waktu 3-4 bulan sampai akarnya tumbuh.
  11. Potong pada bagian daun dan ranting yang kecil agar tidak berpengaruh pada pertumbuhan cangkokannya.
  12. Buka bagian bungkus cangkokannya dengan hati-hati.
  13. Tanam batang cangkokan pada polybak terlebih dahulu sampai daun dan rating bertumbuh.
  14. Apabila ranting pohon mangga beserta daunnya sudah tumbuh, kemudian batang cangkokan bisa ditanam pada tanah.

Itulah beberapa langkah sebagai cara mencangkok pohon mangga. Saat melakukan metode ini, penting sekali untuk memilih indukan yang baik agar hasilnya juga bisa tumbuh dengan baik.

Setelahnya, perawatan juga penting dengan memberikan pupuk dan penyiraman secara rutin

            





 

 

 

 

 

 

&&&&&&&&&&&&&&&&&&&#############&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&